Dear All,
setelah mendapatkan saran dari rekan2 milist akhirnya saya mencoba install virtualbox di linux saya dengan panduan tutorial ini:
http://www.aqsha-a.co.cc/install-virtualbox-3-1-di-ubuntu-9-10/
semua masih berjalan lancar sampai instalasi OS. setelah saya lihat device usb ternyata masih disable. saya mencari file ini untuk di edit /etc/init.d/mountdevsubfs.sh tapi tidak menemukannya.akhirnya saya buat file tersebut dan saya isi dengan ini:

#
# Magic to make /proc/bus/usb work
#
mkdir -p /dev/bus/usb/.usbfs
domount usbfs “” /dev/bus/usb/.usbfs -obusmode=0700,devmode=0600,listmode=0644
ln -s .usbfs/devices /dev/bus/usb/devices
mount –rbind /dev/bus/usb /proc/bus/usb

setelah saya restart ternyata usb device masih disable. mohon bantuan rekan2.....

Regards,

Rasyid.