Hai,

Akhir-akhir ini saya suka download DVD repositories dari debian dan ubuntu dalam bentuk file ISO. Nah karena berpikir praktis saja, saya mount semua file iso ini ke direktori yang bisa diakses oleh webserver, jadi untuk server repository lokal di kantor. Tapi karena jumlah loop devices kurang, saya tambahkan di file /etc/modprobe.d/options jumlah loop device maksimal menjadi 64.

Pertanyaan saya, apakah jumlah loop devices yang banyak berpengaruh ke kinerja sistem bila semua dipakai? menghabiskan memori, atau bagaimana?
Atau malah ini cara yang lebih praktis?

Saya pikir sih sekalian aja kalo user mau download file iso-nya, atau mau pake repository-nya langsung. Toh saya sediakan file sources.list-nya biar gak repot ganti2 CD.

thanks