Pada 15/04/10 08:20, Indracyd menulis:
pake ipsec vpn modelnya vpn gateway to vpn gateway pak uti?punya tutorialnya or
tips2nya pak Uti?saya ingin mempelajari

motifnya dulu setelah belajar tentang ipsec vpn di cisco, saya penasaran mengimplementasikannya menggunakan linux. setelah berhasil menggunakan virtualisasi di komputer saya coba menggunakan dua jaringan adsl di dua tempat berbeda, dan berhasil. waktu itu panduan saya adalah dokumentasi openswan dan strongswan, dan serius, mengkonfigurasinya lebih "mengesalkan" daripada konfigurasi ipsec vpn di cisco :D. kemudian saya nemu distro yang lebih siap dan lebih mudah lagi mengkonfigurasinya, vyatta (http://vyatta.org). gaya perintah vyatta mirip dengan perintah di juniper.

jadi kalau di ubuntu, silahkan apt-get install openswan atau strongswan kemudian pelajari dokumentasinya. usul saya, coba dulu secara virtual dengan topologi sebagai berikut:
host1 <-> vpn gateway1 <-> router <-> vpn gateway2 <-> host2

selamat ngoprek :)

--
Utian Ayuba