Para Saudara dan Saudari sudi kiranya membantu permasalahan yg lagi
saya alami ini.
Saya mempunya sebuah firewall dengan 2 LAN Card :
1 untuk IP Publik
1 untuk IP lokal
Sekarang saya menginstall server yg berfungsi sebagai DNS, Mail Server
dan Web Server dgn IP: 192.168.2.10
Untuk Mailservernya saya menggunakan Dovecot dan Postfix.
Pada Server sudah create 2 account ketika saya test email dari server
itu sendiri dengan menggunakan Evolution Mail, tapi emailnya tidak
bisa terkirim
Kemudian saya lihat pada maillognya ada komentar sbb:

Apr 28 14:28:15 svr1 postfix/smtpd[6267]: NOQUEUE: reject: RCPT from
svr1.coba.co.id[192.168.2.10]: 554 5.7.1 <it...@coba.co.id>: Relay
access denied; from=<ho...@coba.co.id> to=<it...@coba.co.id>
proto=ESMTP helo=<[192.168.2.10]>

Tapi waktu saya telnet sudah tidak ada masalah sbb:

[r...@svr1 ~]# telnet coba.co.id 25
Trying 192.168.2.10...
Connected to coba.co.id (192.168.2.10).
Escape character is '^]'.
220 svr1.coba.co.id ESMTP Postfix
ehlo coba.co.id
250-lsvr1.coba.co.id
250-PIPELINING
250-SIZE 10240000
250-VRFY
250-ETRN
250-ENHANCEDSTATUSCODES
250-8BITMIME
250 DSN
mail from: horas
250 2.1.0 Ok
to: itnpp
221 2.7.0 Error: I can break rules, too. Goodbye.
Connection closed by foreign host.
[r...@panbilsvr1 ~]#

Demikian masalahnya mohon penjelasannya yang detail, maklum masih pemula!
Sebelumnya saya sampaikan byk terimakasih!

Rgds,

Horasima SML.