Banyak user? Usernya ada berapa ?
Pakai lancard yg berapa mbps ?

Buka kan atau browse isi direktori di samba kan ?
Kalau sudah download lambat atau cepat ?
Kalau saat browse lama ada kemungkinan rebutan dengan pc lain yg mau jadi
domain master atau master browser.

# nmblookup -A 172.16.2.40
Looking up status of 172.16.2.40
        SAMBA           <00> -         H <ACTIVE>
        SAMBA           <03> -         H <ACTIVE>
        SAMBA           <20> -         H <ACTIVE>
        ..__MSBROWSE__. <01> - <GROUP> H <ACTIVE>
        WORKGROUP       <1d> -         H <ACTIVE>
        WORKGROUP       <1b> -         H <ACTIVE>
        WORKGROUP       <1e> - <GROUP> H <ACTIVE>
        WORKGROUP       <00> - <GROUP> H <ACTIVE>

        MAC Address = 00-00-00-00-00-00

Itu server samba yang jadi master browser.

Sebaiknya dipasang saja firewall dan bandwidth management kalau perlu
untuk membatasi trafik per user atau biar trafiknya adil.

Oya, jalankan iptraf atau iftop di server samba, amati trafiknya, apakah
sudah saturated, melebih kapasitas speed lancard, atau belum.

--
Arief Yudhawarman
http://awarmanf.wordpress.com