Saya biasanya menggunakan wget, tools berbasis CLI (Command Line
Interface) yang cukup powerful untuk digunakan sebagai media download.
Saya kerap menggunakan wget ini, terutama jika saya ingin melakukan
download file iso pada komputer lain, misalnya posisi saya sedang
dirumah dan ingin melakukan download file iso menggunakan komputer
kantor atau sebaliknya. Saya bisa ssh ke kantor, menjalankan perintah
screen (agar proses download tetap berjalan meski saya sudah
disconnect) dan kemudian menjalankan perintah wget.

Yang menjadi masalah adalah jika wget diminta melakukan proses
download pada halaman web yang membutuhkan authentikasi, misalnya
untuk download file ISO SUSE Linux Enterprise Server 11 SP 1 yang baru
dirilis beberapa hari kemarin. Saya bisa saja melakukan download
melalui browser, memasukkan user name dan password pada halaman Single
Sign On website Novell dan kemudian melakukan download file iso, namun
saya tidak ingin download melalui browser, karena saya hendak
mendownload file iso tersebut pada salah satu server saya yang ada
pada co-location server yang memiliki kecepatan internet lebih tinggi
dan saya hanya bisa mengaksesnya via koneksi ssh.

Keperluan download file tertentu pada halaman yang membutuhkan
authentikasi ini dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan
paramater http-user dan http-password dengan format sebagai berikut :

wget -c --http-user=username --http-passwd=password 'Download-Link'

Contoh :

wget -c --http-user=zezevavai --http-passwd=mysecretpassword
'http://download.novell.com/sendredirect?target=%2Fprot%2Fx4q3cbksW7Q%7E%2FSLES-11-SP1-DVD-x86_64-GM-DVD1.iso&buildid=x4q3cbksW7Q&fileid=rJK5j5-Sd4Y~&mirror=AkamaiHost&nohost=false'

User dan password bisa didapatkan dari website yang ingin kita
gunakan, dalam hal download file ISO SLES, saya melakukan registrasi
free user name dan password pada website Novell.

Metode diatas mestinya bisa digunakan untuk melakukan download
file-file lain yang terletak pada halaman website yang membutuhkan
authentikasi.

Link :
http://vavai.com/2010/06/08/tips-wget-download-file-pada-halaman-yang-membutuhkan-authentikasipassword/

--