On Tue, 2010-07-06 at 08:35 +0700, horas simalango wrote:
> Sesuai dengan arahan yg Abang2 semua berikan, webnya sudah bisa
> diakses lokal (dalam jaringan LAN) yaitu dengan menambahkan
> ip server webnya di /etc/hosts client.
> Untung bang Ery singgung tuk memperkenalkan di dunia maya, jadi mau
> nanya lagi nih kepada (Abang semua) cara memperkenalkan di dunia
> mayanya kira2 apa langkah2 yg harus saya lakukan? Dengan dasar
> pertimbangan sbb:
> 1. Saat ini sudah ada sebuah server DNS yg berfungsi juga sebagai mail
> server dan webserver
> 2. Saya ingin memisahkan webservernya ke server yg saat ini saya coba
> [...]

Lain kali mohon jangan top posting.

Untuk memperkenalkan ke dunia maya, Internet... yang dilakukan tentu
mengkonfigurasi DNS server yang anda punya dengan benar, tidak mungkin
kan memberitahukan kepada seluruh orang yang akan membuka
www.domainanda.com harus menambahkan entry di masing" file /etc/hosts :D

Contoh:

File /etc/named.conf

....cut...

zone "domainanda.com" {
        type master;
        file "/var/named/domainanda.com.db";
};

--end of cut-----

Terus file /var/named/domainanda.com.db isinya:

 ; Zone file for domainadan.com
$TTL 14400 domainadan.com. 86400 IN SOA ns2.karmaroyalgroup.com.
admin.royalperspective.com. (
        2010061207 ;Serial Number
        86400 ;refresh
        7200 ;retry
        3600000 ;expire
        86400 ;minimum
        )
domainanda.com. 86400   IN      NS      ns2.domainanda.com.
domainanda.com. 86400   IN      NS      ns1.domainanda.com.
domainanda.com. 14400   IN      A       202.xx.yy.zz
domainanda.com. 14400   IN      MX      0       aspmx.l.google.com.
domainanda.com. 14400   IN      MX      5       alt1.aspmx.l.google.com.
domainanda.com. 14400   IN      MX      5       alt2.aspmx.l.google.com.
domainanda.com. 14400   IN      MX      10      aspmx2.googlemail.com.
domainanda.com. 14400   IN      MX      10      aspmx3.googlemail.com.
www     14400   IN      CNAME   domainanda.com.
www2    14400   IN      A       123.123.xx.yy
webmail 14400   IN      CNAME   ghs.google.com.
mail    14400   IN      CNAME   ghs.google.com.
googleb6617686f0e0f7ae  14400   IN      CNAME   google.com.

Di atas cuma salah satu contoh saja, silahkan sesuaikan dengan kondisi
ditempat bapak. Oh iya.. contoh record ns di atas menggunakan layanan MX
server dari google/gmail

Nyoman