2010/7/6 horas simalango <horas...@gmail.com>:
> Sesuai dengan arahan yg Abang2 semua berikan, webnya sudah bisa
> diakses lokal (dalam jaringan LAN) yaitu dengan menambahkan
> ip server webnya di /etc/hosts client.
> Untung bang Ery singgung tuk memperkenalkan di dunia maya, jadi mau
> nanya lagi nih kepada (Abang semua) cara memperkenalkan di dunia
> mayanya kira2 apa langkah2 yg harus saya lakukan? Dengan dasar
> pertimbangan sbb:
> 1. Saat ini sudah ada sebuah server DNS yg berfungsi juga sebagai mail
> server dan webserver
> 2. Saya ingin memisahkan webservernya ke server yg saat ini saya coba
> [...]

Saya coba tahap demi tahap ya.

1. Pastikan bahwa domain mydomain1.com dan mydomain2.com sudah
didaftarkan di Internet. Pastikan bahwa di tempat pendaftaran domain,
DNS darahkan ke IP DNS Anda (dengan IP publik).

2.  DNS server sudah dikonfigurasi dengan benar.  Menambah
mydomain1.com, www.mydomain1.com, mydomain2.com, www.mydomain2.com di
file /etc/hosts di client hanyalah untuk uji coba.  Setelah bisa
diakses dari client, hapus domain-domain itu dari file /etc/hosts
client, masukkan IP DNS Anda di file /etc/resolv.conf, kemudian coba
browsing dari LAN ke mydomain1.com, www.mydomain1.com, mydomain2.com,
dan www.mydomain2.com.  Kalau semua bisa diakses dari LAN berarti
konfigurasi DNS sudah benar.

3.  Kalau webserver dan mail server sudah menggunakan IP publik, dan
tahap butir 2 di atas jalan dengan baik, maka tidak ada yang perlu
disetting lagi di web server Anda.  Kalau butir 2 berhasil tapi web
server Anda belum bisa diakses dari dunia maya, masalahnya bukan di
web server, tetapi ada masalah lain, misalnya firewall.

Mudah-mudahan membantu, CMIIW.

BR

Ery