On 07/13/2010 06:17 PM, Masim "Vavai" Sugianto wrote:
2010/7/13 kurniadi<kurni...@patrakom.co.id>:
dear all,

Ada kejadian aneh bin ajaib di negeri ini domain telkom.co.id gak bisa di
resolve, tadi nya aku kira dns server ku yang gak beres. setelah coba test
dari dns tool dari luar ternyata memang benar... masa persusahaan BUMN
terbesar di Indonesia bermasalah mengelola DNS... server
Down ini terjadi karena ada masalah di infrastruktur Telkom, soalnya
selain domain telkom.co.id, smtp telkom, dan telkom hosting, sebagian
jalur Speedy juga down.

Ini sebabnya sebagian mail server yang saya kelola tidak menggunakan
smtp Telkom maupun DNS Telkom :-) meski koneksinya ada yang
menggunakan astinet Telkom.

Jadi di telkom infratruktur nya belum bagus dong, seharus nya telkom yang menguasai jaringan kabel, satelit, bisa mengelola network nya sehingga mencapai availability 99.9999% yang artinya hanya 31.5 detik pertahun.