Hai teman smua,

Saya sdg ada masalah. Sblmnya saya belum pernah sama sekali mengimplementasikan
OpenVPN. Lalu saya mencoba menggunakan solusi OpenVPN dari Untangle yg skaligus
sebagai Internet Gateway. Skema yg digunakan adalah sbb:

Internet <--> Router (DMZ) <--> Untangle Server + OpenVPN <--> Internal Host

Saat ini Untangle sdh diinstall OpenVPN Server dan telah ditambahkan Clientnya.
Koneksi dari OpenVPN Client Windows ke Untangle OpenVPN server sdh berhasil.
Sdh dpt diping dari client dgn ip public Untangle, ip lokal Untangle dan ip VPN
Server nya dan hasilnya ok. Tapi begitu saya ingin melakukan ping ke client
host yg ada dibalik OpenVPN Server selalu gagal. Sdh dicoba client host nya
diinstall jg OpenVPN Client tp tetap tdk bs diping.

Apakah teman2 ada yg pernah menggunakan Untangle OpenVPN? Mohon share nya
disini. Thx.

Ricky
Sent from my BlackBerry®