MAkasih bos atas bantuannya ...

Sekarang masalahnya nambah nih, jadi tanya lagi :P

saya udah donlod vconfig. Cuma masalahnya setelah di vconfig kok tidak
bisa ping ya ?

nyobanya pake 2 buah ubuntu 10.10 di virtualbox dan disambungin pake
hostonlyadapter. Sebelum di vconfig (alias pake biasa), kedua host
bisa ping. Setelah keduanya diset vconfig dengan vlan yang sama (vlan
10), kok gak bisa nge-ping ya ?

Hmm, mungkin salah satu ubuntunya bermasalah, jadi salah satu ubuntu
dicoba disambungin ke bukan ubuntu (kebetulan ke cisco emulator
dynamips), hasilnya sama aja, bisa ping kalau sebelum pake vlan, tapi
setelah pakai vlan, tidak bisa ping.

Saking penasarannya, dicoba di virtualbox di host winxp dan mac os x.
Tetep aja gak mau.

Thx.