2011/4/29 Al3X - <zvt...@gmail.com>

> dear all,
>
> ga sengaja liat status fb om onno tentang OpenBTS, trus langsung nubee
> cari tau apa itu openbts jadi timbul pertanyaan yg dibenak nubee.
>
> 1/ koneksi dari hp gsm ke USRP2/mesin OpenBTS itu menggunakan simcard
> yg seperti vendor operator ato dengan alat lain(cth:wireless) atokah
> menggunakan simcard operator yg ada trus di daftarin di mesin yg
> kemudian mendapat nomor dari USRP2 jadi dengan kata lain punya 2 nomor
> dlm 1 kartu
>
> 2/ ada yg tau topologi pemasangan hardware dari pemancar radio sampai
> [...]

1. OpenBTS itu sebuah proyek membuat BTS dengan biaya murah. pakai
notebook/PC linux, asterisk, openBTS dengan alat USRP.

2. Semudah colok USB ke port USB komputer anda. begitu ON dengan power
secukupnya (misal 200 mW, ini udah gede untuk skala percobaan), HP GSM
sekitar anda bisa "nyantol" ke openBTS  anda. bisa punya nomer sendiri
[pakai konfigurasi asterisk].

3. Tidak bisa pakai AP karena frekuensi udah beda. GSM beroperasi pada
900 dan 1800 MHz. AP beroperasi pada frekuensi 2400 MHz.

salam trial error

-Iwan P-