2011/6/16 Luqman <luqe...@gmail.com>:
> Rekans, mo nanya tentang virtualisasi di mesin blade
>
> Menurut salah seorang vendornya, penggunaan virtualisasi dalam teori
> menghemat biaya, tapi dalam realita, seringkali biaya virtualisasi (software
> & admin nya) malah jatuhnya lebih mahal, dan malah lebih repot.
>
> Kebetulan t4 kami kedatangan mesin blade, dan saya mengusulkan untuk
> penggunaan virtualisasi, untuk mengurangi jumlah beberapa server kami yang
> utilisasinya kadang2 saja tinggi, tapi jika vendornya malah tidak
> merekomendasikan, usulan saya tentu saja agak sulit diterima.

> [...]

Singkat saja...

Repot iya! Mahal juga iya!

Tapi diawal saja, kalau udah running well...
akan sangat banyak penghematan disana.

Baik itu disisi teknis dan waktu otomatis ada penekanan biaya
teknisnya seperti maintenance, backup dsb.. waktu down time
bisa ditekan juga bahkan bisa zero down time karena virtualiasi
slalu include dengan backup-nya (auto fail over)

Well, kalo boros?.. hmmm kan sesuai dengan
manfaat yang kita dapat.

--
salam,

Zainal Abidin