>________________________________
>Dari: Zainal Abidin <zaina...@gmail.com>
>Kepada: tanya-jawab@linux.or.id
>Dikirim: Jumat, 17 Juni 2011 9:37
>Judul: Re: [tanya-jawab] Virtualisasi di mesin Blade

>Singkat saja...
>
>Repot iya! Mahal juga iya!
>
>Tapi diawal saja, kalau udah running well...
>akan sangat banyak penghematan disana.
>
>Baik itu disisi teknis dan waktu otomatis ada penekanan biaya
>teknisnya seperti maintenance, backup dsb.. waktu down time
>bisa ditekan juga bahkan bisa zero down time karena virtualiasi
> [...]

Ada batasan nya menghemat atau boros, kalau sudah requirement nya
tinggi, misalnya harus load balance, high availability diatas 99%, dan
menghemat tempat, blade server + Virtualisasi mungkin solusi yang tepat. Tapi
kalau requirement nya gak tinggi tinggi amat sih misalnya gak
perlu HA 99%, mati seharian juga masih ga apa apa, ya solusi itu pemborosan,
karena perlu staff IT yang
lebih pengalaman, hardware yang lebih mahal. softwarea yang lebih mahal.

Kurniadi