On 20/12/2011 11:58, Ferry Kristianto wrote:
On 12/20/2011 11:22 AM, Mahyuddin Susanto wrote:
On 12/20/2011 11:06 AM, Ferry Kristianto wrote:
Dari yang saya baca, FreeBSD sendiri adalah OS lengkap, mungkin mirip
windows gitulah. Beda dengan Linux yang bisa ditambah ini itu paket
aplikasinya per rilis distro. Jadi Linux tiap rilis bisa bervariasi
sekali isi aplikasinya (terserah developer distro).

Maaf kok saya tidak bisa membedakan statemen pertama dan kedua. Bukanya
BSD dan Windows juga bisa di tambah paket?

Kalau di Debian, ada yang namanya inteller net-install yang sangat
minimalist dan ada yang standard. Per rilis pun hampir sama paketnya
hanya versi paket yang naik

Di turunan nya pun begitu. Di Debian/Ubuntu penambahan/pengurangan paket
*bukan* terserah developer, tapi mengacu pada Popularity Contest [1]

Kurang lengkap? hm...
~ $ grep Package
/var/lib/apt/lists/kambing.ui.ac.id_debian_dists_unstable_main_binary-amd64_Packages
| wc -l
35687

Maaf cuman bisa ngasih pandangan Debian/Ubuntu. Monggo temen2 dari
Distro lain menambahkan.

[1] http://popcon.debian.org/ http://popcon.ubuntu.com/

Mengacu ke popularity contest kan itu sama juga dengan terserah ke developer distro. Misalnya di Ubuntu, pemutar musik bisa berubah dari rhythmbox ke banshee dari rilis yang berbeda. Distro lain saya rasa juga mirip-mirip begitu. Setahu saya FreeBSD lebih banyak supportnya ke Gnome (koreksi jika salah), jadi untuk DM lain mungkin tidak dikembangkan paket-paketnya (kecuali compile sendiri)

OS lengkap itu yang saya baca di beberapa blog ("complete OS"), artinya BSD adalah OS, tidak seperti Linux yang berupa kernel dan diatasnya baru ditambahkan aplikasi. Konsepnya menurut blog itu memang Linux dan BSD berbeda dari sisi kernel dan pengertian sebuah OS. Entah maksudnya bagaimana, mungkin maksudnya sebenarnya yang disebut Linux adalah kernel. Kira-kira mungkin begini: Kalau anda pakai Debian, itu artinya kernel Linux+racikan aplikasi sehingga muncullah distro bernama Debian.

Memang sih di katakan freebsd benar2 di develop menjadi suatu OS, sedangkan linux hanyalah kernel yang di tambal-tambal. :)

cuma kembali lagi ke hasil akhir.. versi distrowatch.com FreeBSD masih di urutan 15, dan turuan debian di urutan pertama.

bagi pengguna awam, mereka tidak akan berpegang pada idealisme historical dari suatu OS, melainkan selalu di lihat dari sisi penggunaannya.

Sekali lagi.. ini membahas freebsd desktop lho..

kl untuk server ya jempolan.