Pada 04/14/12 20:33, Yudhi Kusnanto menulis:

> yang jadi pertanyaan, apakah memang modemnya perlu IP? biasanya modem
> adalah _transparent_device_ sehingga dari sisi router LAN tampak seperti
> terhubung langsung dengan router ISP. kalo pake modem broadband coba
> di-set sebagai bridge.

modem disetel mode route atau bridge tergantung adminnya, dan
masing-masing menurut saya ada kurang lebihnya.

kalau mau dibridge, jangan lupa ip publik (ip dari isp) nempel di router
linux kita sehingga konfigurasi iptables untuk filter dan nat untuk
melindungi jaringan lokal menjadi isu.
sedangkan kalau modem diset mode route biasanya fungsi nat dan filter
sudah dilakukan di modem.

:)