On Tue, 19 Oct 2004 20:11:00 +0900, baskara <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Jadi ingat, tadi malam saya ngobrol dengan teman lab tentang kriptografi.
> Dia bilang tidak ada kode yang "secure". Semua kode2 kriptografi
> adalah kode yang breakable, tetapi waktu yang dibutuhkan untuk
> memecahkannya tidak polinomial. Pak BR lebih tahu tentang ini. :-)

Sebetulnya ada yang tidak jelas:
1. kode yang secure (kodenya bisa untuk apa saja)
2. kode (maksudnya di sini mungkin ekripsi/pengamanan) yang secure

Kalau yang maksudnya (1), adalah misalnya kita membuat program
tapi cara coding kita tidak memperhatikan masalah security.
Akibatnya timbul buffer overflow, input yang tidak divalidasi, dll.
Ini banyak sebabnya, misalnya programmer yang tidak paham
masalah security, pendeknya development time (dipaksa mau
meluncurkan produk), ngantuk, ... hey, we're human after all.
Jadi secure coding mesti diajarkan. (Tidak bisa tumbuh begitu saja.)

Kalau yang dimaksud adalah kode adalah penyandian atau
kriptografi, memang tidak ada yang unbreakable.
Hanya masalah waktu saja. Kalau mau menunggu 10^120 tahun
ya pasti bisa breakable dengan cara maksa dicoba satu-persatu
(brute force). he he he.

-- budi

Kirim email ke