On 5/2/05, Barkah Yusuf Widodo <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Yah, problemnya mbikin fact buildernya itu, karena melibatkan
>  parser, dan parser perlu symbol tabel. Setelah tahu Aspell
>  ternyata punya dictionary bahasa Indonesia, masalah agak
>  sedikit terkuak. Masalah berikutnya, masalah sintaks.
>  Apakah dictionarynya Aspell ada informasi seperti itu?
>  contoh : Apel (noun), Tulis (Verb) -> Tulisan (noun).
>  Sepertinya ndak deh. <sigh> masih jauh perjalanan... -_-

Hmm... kalau ini, dalam bayangan saya, lain ceritanya.
Ini nggak bisa hanya dengan menguji syntax saja.

Beberapa tahun yang lalu ada disertasi S3 dari ITB
yang mencoba membuat sebuah sistem untuk menterjemahkan
dari satu bahasa ke bahasa lain, tapi bukan hanya
menterjemahkan kata akan tetapi juga maknanya. :)
[semantics, man.]

Selain itu setahu saya ada juga group yang mendalami
language (machine translation) di BPPT.
Mungkin bisa cek ke sana?

Atau, anda hanya membutuhkan kata-kata untuk tokenizer?
(Grammar dll. ada di bagian lain?)

-- budi

Kirim email ke