On 6/29/05, Oskar Syahbana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>  Wah kok bisa yah? Taruh aja satu PC sehari efektif dipakai 12 Jam x 20 PC x
> 3000 x 30 hari = Rp 21.600.000, ini belum termasuk biaya listrik dan biaya
> koneksi, gaji, serta lisensi PC.

warnet temen saya beroperasi kira2 18 s/d 24 jam sehari
24 jam bila sabtu atau minggu atau hari biasa jika ada klien yang
pingin ngenet pagi2 buta

>  Taruh lah listrik sekitar 1,5 Jt per bulan dengan pertimbangan bahwa
> listrik yang dipakai adalah listrik rumah (listrik usaha bakalan jauh lebih
> mahal lagi). Gaji karyawan merangkap teknisi adalah 2jt (inget loh... ini
> jaga 24 jam yah). Biaya lisensi 1,5jt/pc x 20 = 30jt. Ditambah dengan biaya

ya kan pake linux yang gpl kaya ubuntu, simply mepis dll jadi nggak
perlu bayar lisensi dong paling juga donasi ke pembuat distro kaya
infaq aja temen ada yang rutin ngasih $5 perbulan buat si pembuat
distro

> koneksi bulanan yang mahalnya bukan main, kalo saya hitung bisa mencapai
> 8-10 jt/bulan.

wah mahal amat temen nggak pakai yang premium begitu paling mahal 5
jt/bulan koneksi adsl

Bisa sih kalau mau pakai yang di bawah 5 jt, tapi siap - siap
> saja ditinggal konsumen.

nggak usah takut dong kita kan bisa ngukur bandwith yang pantas untuk
tiap2 klien berapa  disesuaikan bandwith dengan jumlah komputer

Kebutuhan mendadak lainnya taruh saja 2 jt per
> [...]
>
>  Keuntungan perbulan adalah kurang lebih 6,1 jt. Taruh lah biaya tempat
> untuk tempat - tempat strategis 30jt/tahun (ini ukuran Bandung loh ya, ga
> tau kalau Jakarta, apalagi di Mall). Artinya sekitar 2,5 jt per bulan.
> Artinya total profit bulanan hanya sekitar 3,6 jt.
>
>  BEP nya kurang lebih 33 bulan ++
>
>  Ini kalo hitungannya pemakaian per PC 12 jam per hari loh yah. Kalau
> pemakaiannya 18 jam saja per hari, maka pemasukan bersih bulanan (dikurangi
> pengeluaran + biaya sewa) menjadi 14,4 juta. Tapi pemakaian per PC rata -
> rata 18 jam untuk sebuah warnet ini engga normal loh.

hehehehe lengkap banget hitungannya anda pengusaha warnet juga ya
silahkan main ke tempat temen saya untuk berdiskusi lebih lanjut jika
anda masih nggak percaya

Kirim email ke