adi wrote:
On Fri, Sep 09, 2005 at 02:36:59PM +0700, Samuel Franklyn wrote:

Salah satu solusi yang mungkin bisa di pertimbangkan adalah
pemakaian Apache James.

http://james.apache.org/

James ini bisa menyimpan user dan mailbox dalam database.
Dan kalau cuma sekedar menyimpan jutaan record
pakai database open source macam MySQL dan PostgreSQL
juga bisa apalagi kalau pakai database komersial
macam Oracle.

iya. terus pakai mainframe untuk menghandle email he..he..
untuk email? java ke laut aja (j/k).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja

Kalau cuma 1 juta mail account dijamin tidak perlu
mainframe kalau pakai Java. Distro Linux terbaru
macam Fedora Core 4 atau Centos 4.1 plus sebuah
Sun Fire v40z yang Quad Opteron mungkin
sudah cukup kuat. Kalau tidak kuat tinggal pasang
sebuah lagi pasti kuat deh.

Soalnya mail processing kan batch.
Kalau 1 juta user concurrent user untuk
aplikasi transaksional mungkin baru butuh mainframe.

Pemakaian Java untuk email mungkin terlihat
berlebihan. Akan tetapi kalau anda perlu
mambangun aplikasi workflow yang berbasis e-mail
maka pilihan yang baik menurut saya saat ini adalah:
1. Exchange Server.
2. Lotus Notes Domino.
3. Apache James.

Dari tiga solusi diatas maka penggunaan Apache James
paling rendah biaya lisensinya. Tentu saja ini
berdasarkan persepsi saya sebagai seorang software
developer. Tapi kalau yang dibutuhkan hanyalah
kemampuan mail server tanpa ada tambahan apapun
maka bisa jadi pemakaian Apache James berlebihan.

Nah normalnya kan user minta tambahan kemampuan.
Kalau sudah punya mail server umumnya ingin punya
aplikasi workflow. Kalau sudah pakai Apache James
kan tinggal bikin mailet James. He he he.

Kirim email ke