> GPL memang tidak dipakai untuk berbisnis dengan bisnis model sekarang. Kalau
> open source, masih mungkin, bahkan bisa jadi trend. Menurut penuturan
> Stallman yang saya dengar di Debconf II di Depok beberapa waktu lalu, model
> bisnis Free Software adalah banyak perusahaan akan meminta Vendor aplikasi
> untuk melakukan 'customization'. Misalnya company Arie pengen implementasi
> CUPS yang spesifik, dia bayar ASP (application service provider) yang mau
> melakukan 'customization' tersebut. Setelah selesai, hasilnya juga akan
> [...]
Ahh... memang sofian top deh (tos dulu ke sofian... :D ) Maksud saya
memang ini, gimana strategy buat para pembuat program GPL bisa cari
duit. Bukan sekedar menggunakan aplikasi GPL lalu di jual (bikin
program di web pake php+mysql+etc terus dijual), tapi betul2 dari awal
seperti ide dari bung MDAMT itu.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com