Oskar Syahbana wrote:

> Titik dua D... ini maksudnya ":D" ya? Hoalah retro banget. Bukan
> begitu mas zaky, ini kan kelakar saja hehehe. Karena saya sendiri
> belum siap untuk meluangkan waktu menjadi moderator milis apapun.
> Orang milis ini juga engga saya ikuti setiap hari :-)
>

> --
> Oskar Syahbana
> http://www.permagnus.com/
> http://www.pojokbisnis.com/

Hup...hup.... saya juga baru tahu, ternyata jadi pemimpin itu tidak
mudah lho. Film spiderman bilang, "Great power becomes great
responsibility". Setelah saya pikir lagi, kekuasaan tidak harus berupa
jabatan. Ilmu pun bisa jadi "kekuasaan". Banyak rezeki juga bisa jadi
"kekuasaan". Bahkan banyak waktu kosong pun bisa jadi "kekuasaan".

Nah dengan teknologi internet, "kekuasaan" bisa dibangun dengan cara
<i>bottom-up</i> (dari bawah ke atas) mendobrak sistem konvensional
<i>top-down</i>. Untuk lebih detail dan ilmiah bisa baca buku: Weaving
The Web Tim Berners Lee, Filosofi Naif Dunia Cyber Onno W. Purbo,
Archipelago Online Merlyna Liem, dan (satu lagi lupa: Bang Carlos
pernah ngasih tahu)

Yang lain ada yang mau menambahkan?

Zaki Akhmad
http://www.zakiakhmad.info