On 19/01/06, muhamad carlos patriawan <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> bang avianto atau yg lainnya,
>
> ada yang tahu bagaimana managing dan proses di "User Experience" ini
> pada perusahaan yang menjual ke retail seperti Yahoo,Google,Microsoft
> atau Apple ?

Saya pribadi sih tidak tahu, karena selama ini ya selalu berusaha
melamar ke retail2 tersebut tanpa kesuksesan yang berarti =P.

Bung Carlos ada channel? Hehehe... seriously, jadi 'user experience
designer' di sini agak2 litbang alias sulit berkembang. Lah,
industrinya aja tidak ada =P

> Apakah ada team tersendiri ?
> Apakah kerjanya kollektif atau berdasar projek ?
> Bagaimana mereka menentukan apa yg bakal disukai common user (misalnya
> kalau windows pakai awan koq kelihatanya 'sejuk' begitu ?

Tapi kalau metodenya, mungkin bisa saya share dari info2 yang saya
dapat dari selentingan berita atau wacana (terutama dari job
openingnya Yahoo dan Google) sepertinya mereka punya team sendiri dan
dipisahkan per proyek, misalnya untuk Yahoo! Media, Yahoo! Games dan
Yahoo! Music. Untuk Google juga per produk/proyek seperti Google
Earth, Google Map dll. Apple juga sepertinya per produk/proyek.

Untuk menentukan apa yang 'disukai' common user biasanya sih dari user
research ya, intensif sekali soalnya user research ini, selain dari
basic rule of design seperti human behaviour and general taste. Kalau
masalah pakai awan = sejuk itu sebenarnya materi kuliah Desain juga
kok hehehe. Ya, sebenarnya sangat subjektif tapi bisa diwujudkan dalam
karya.

Contoh paling nyata adalah efek warna. Kenapa warna biru efeknya
profesional atau matang atau stabil sedangkan warna merah efeknya
berani, galak, cepat dan sigap, warna hijau itu kalem, tenang dan
menyejukkan. Tapi ini efek general dan kadang konflik dengan budaya.
Oleh karena itu perlu adanya user research juga, misalnya utk efek
warna putih itu kesannya bersih dan suci tapi untuk mayoritas
etnis/budaya tertentu itu berefek rumah duka... memang sih kematian
itu bersih dan suci, tapi kalau dipasang di rumah sakit kok ya
kesannya mempercepat proses kepulangan... =)

Segitu dulu kali ya. Bung Carlos kalo ada jalur kerjaan UX kontak2 dong =))

--
<avianto /> - http://avianto.com/

Kirim email ke