Arie Reynaldi Z wrote:
> Yap.. Kalau fokus jalannya lebih 'kenceng'.

so pasti secara teori .. namanya juga fokus dan efisien.

> Mm.. lonceng kematian buat yang masih kerja dibidang IT / HRD dalam
> suatu perusahaan ?

kalo yg saya lihat sich gini,kalo gak di outsource, IT headcountnya
bisa 50 orang,tapi begitu di outsource, IT Dept tetap ada, tapi hanya
tinggal 5 orang.

Buat yang melihat lonceng kematian gimana ? ya join persh outsourcing ,
itu lebih "aman" istilahnya....tapi kerjanya per proyek basis biasanya
(sub kontrak 6 bulan, 1 t tahun , 2 tahun) ke klient. Tapi itu di luar
koq..

> BTW, gimana sih 'keamanan data' yang diberikan
> outsoucing ?

Nah iya ini kudu hati2... memang jauh lebih baik ke outsourcing ke
rekanan yang sudah punya track record. Di 'klause' masalah keamanan
data sangat penting.

Memang ada satu dua 'incident' dalam masalah outsourcing ini kalo
employee-nya si subkontraktor ini 'nakal',dulu pernah ada kejadian di
india seseorang dari persh outsourcing ini mempublish sebagian source
code.Tapi jelas kalau ada internal process untuk menangani hal2 seperti
ini,ini bisa ditanggulangi karena sudah kelakuan kriminal dan penjara
adalah jawabanya.