On 2/7/06, Ronny Haryanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
On Tue, Feb 07, 2006 at 05:23:26PM +0700, wongcilik wrote:
> Ngga juga ah mas... kalau ngga salah tahun 2003an saya baca di
> kompas betapa suksesnya warteg mendulang dolar di ausie.
>
> nah bang ronny cerita warteg yg di ausie donk atau mas baskara
> warteg yang di jepang.....gimana..???

Wah kok saya disummon. Hehe.. kirain ini milis teknologia, bukan milis
makan sutra, hehehe.

Di Sydney memang banyak sekali makanan Indonesia. Baik restorannya
maupun mendapatkan bahan2 masaknya, dr mulai bumbu (instan maupun
mentahnya), bahan mentahnya (banyak juga saya lihat halal butcher buat
yg muslim) dr petai, daun pisang, terasi, petis, kerupuk, kepiting
sampe ikan gurame juga ada (baru mau nyobain nih). Jajanan juga gak
susah, dari snack seperti twister, silver queen, berbagai teh dan
kopi, sampe kacang teri dan kue lapis homemade juga dijual di
supermarket di chinatown (sebagian malah di supermarket bulenya, kayak
kecap abc dan indomie they're everywhere). Koran kompas sampe majalan
indo gratisan publikasi lokal juga banyak. Jalan ke mana2 denger suara
org indo ngomong. Makanya saya cepet betah di Sydney, berasa kayak di
rumah kedua. Kontras banget sama waktu dulu di Winnipeg. Sorry ya yg
di negara lain kalo bikin iri. Mwahahaha.

Soal restoran Indo sih banyak, dr yg take away (favoritnya students)
sampe yg fine dining (targetnya bule), jenis dan rasa bervariasi dr
"jauh ke bedug" sampe "lebih enak dr aslinya" ada. Mungkin karena di
sini orang2 lokalnya lebih aware dengan Indonesian culture, jadi resto
yg nargetin org lokal sini masih laris. Sisanya nargetin students dan
org sendiri yg merantau (kayak saya), ini kayaknya surviving aja,
kurang berkembang. BTW, ada resto padang di sini tapi banyak temen2
udah wanti2 sakit perut karena tempatnya kurang bersih (rumornya sih
begitu), saya sendiri belom nyobain padahal udah ngidam banget nasi
padang (thanks to you all) akhirnya tadi masak rendang sendiri, pake
nasi panas ama sambel ijo, mmmm...

Mumpung ngomongin restoran, dan biar nyambung ama topik milis dikit,
gimana pendapat anda tentang penggunaan technology di restoran?
Misalnya utk ordering dan billing yg integrated, mulai dr pelayan yg
pake PDA, di kitchen langsung liat meja berapa pesen apa aja, dan di
kasir udah langsung masuk ke billing. Ini di Indonesia ada contractor
yg udah nerima bikin sistem begini belum kira2? Selain itu kira2
teknologi atau ide apa lagi yg menarik utk dikembangkan/dicoba di
bisnis restoran ini? Jawaban paling kreatif dapet rendang.

Ronny

Wah, kok malah melenceng ke makanan, tadinya sempat bingung ini milis Jalansutra atau Teknologia :P
Oke balik ke teknologi di restoran, setahu saya di restoran Duck King Pondok Indah Mall 2 sudah relatif canggih. Untuk order pemesanan memang sih masih menggunakan tenaga pelayan dengan cara konvensional (kertas dan pena). Akan tetapi setelah semua pesanan telah selesai dicatat,  pelayan memasukkan data pesanan pelanggan ke LCD touchscreen dekat kasir. Saya sempat mengintip .. di dapur ada monitor yang menampilkan data pesanan pelanggan dan sepertinya juga sudah terintegrasi ke billing.
Kalau menurut saya di kemudian hari fungsi pelayan yang mencatat order pesanan dapat dikurangi, jadi pemesanan bisa dilakukan langsung oleh pelanggan dari mejanya melalui media seperti PDA atau LCD touchscreen. Selain itu pelanggan juga disuguhkan informasi lengkap mengenai menu-menu yang disajikan melalui perangkat PDA/LCD touchscreen tersebut, informasinya bisa berupa :
- gambar2 menu yang disajikan
- video mengenai menu yang disajikan baik penyajian maupun cara pembuatan
- waktu yang dibutuhkan untuk menunggu pesanan datang
- harga
- testimoni pelanggan lain dan menu-menu yang di suggest oleh pelanggan lain
- promosi menu unggulan
- mesin pencari
*mimpi mode on*
Selain PDA/LCD touchscreen ada perangkat tambahan yang tidak kalah penting. Yaitu perangkat untuk mengetahui rasa dan bau dari menu yang disajikan. Bentuknya seperti mouse pad dan kalau kita letakkan telapak tangan kita disitu bisa merasakan kira2 rasa dan bau menu yang dipilih seperti apa.
*mimpi mode off*

Jika ada informasi yang belum terpenuhi dari melalui PDA/LCD touchscreen, baru panggil si pelayan.
Setelah pelanggan selesai melakukan pemesanan, aplikasi pemesanan pada perangkat PDA/LCD touchscreen akan tertutup dan jika ingin melakukan pemesanan lagi harus memanggil pelayan untuk membukanya (menggunakan kartu khusus yang digesekkan pada suatu alat di meja pelanggan untuk membuka aplikasi pemesanan). Hal seperti ini dilakukan untuk mencegah pelanggan yang iseng.
Setelah aplikasi pemesanan tertutup, pada PDA/LCD touchscreen dapat menampilkan game, tv, video, internet browsing dan lain-lain yang dapat mengisi waktu sambil menunggu pesanan datang.

CP
*berharapdapetrendang*

Kirim email ke