On Wed, Feb 08, 2006 at 10:34:25AM +0900, baskara wrote:

> YM juga mendukung kanji by default kalau OS-nya versi jepun (meskipun
> YM-nya english version).

BTW, apa sebetulnya "OS versi Jepang" yg dimaksud? Asumsi saya seperti
Japanese Windows XP, gitu? Setahu saya japanese edition di situ untuk
default menus and texts di OS nya pake translation japanese.

Sedangkan untuk *input* mah mau pake yg edition mana pun tinggal
install input method yg sesuai (e.g. japanese IME) mestinya udah bisa
menulis japanese termasuk kanji. Utk display (tanpa menulis) tinggal
install CJK language support. Saya dulu ngetik Japanese (buat iseng2
doang) termasuk Kanji, dan Thai (buat testing doang, gak bisa baca) di
Windows XP Professional versi English yg biasa setelah install
language supportnya (came with the install disc), gak harus yg
Japanese edition atau Thai edition. Skrg di Linux pun pake Gaim saya
bisa terima/kirim message in Chinese/Japanese lewat YM maupun MSN,
kayaknya somehow underneath udah Unicode semua.

Ronny