On 2/16/06, Fatih <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Di sini perlunya orang2 pintar teknologi yg ada di luar negeri spt Carlos,
> dll. Saya kurang sepakat dg rekan2 di sini yg berpendapat bahwa orang indo
> yg di luar lagi 'keenakan' di luar jadi lupa pulkam. :) Bagi saya, biarkan
> saja mereka kerja di luar untuk menyerap dinamika laju teknologi dan
> mentransfernya ke teman2 techno di tanah air. :)

Sebaiknya memang begitu. Akan tetapi, orang2 yang sedang di luar
negeri ada beberapa tipe. Mulai dari yang sangat betah tak ingin
balik, bahkan ingin mendapatkan status kewarganegaraan, ingin balik
kalau ada pekerjaan yang sesuai di Indonesia, hingga yang ingin
pokoknya balik dengan kondisi ada/tidak adanya sesuatu yang bisa
dilakukan di Indonesia (yang perutnya infeksi kalau gak makan sambel
:P ).