ok saya sedikit memberikan pengalaman saya waktu dateng ke US (hawaii)
dan merasa bedanya antara orang indonesia dan orang india dalam
memberikan bantuan, untuk hal yg sangat remeh, akomodasi/tempat tinggal
sementara.

orang pertama yg membantu saya dan akhirnya memberikan sofa nya untuk
saya tiduri sementara waktu sebelum saya dapet tempat tetap yg harganya
cukup rasional, adalah seorang India yg saya kenal di tempat kerja, itu
pun setelah 2 minggu lebih saya tanya2 ke semua orang indonesia yg
bertemu di Jum'at an, dan mereka semua hanya memberi bantuan ala
kadarnya spt, ini alamat yg dulu saya tinggali atau ini itu yg lain,

dan hanya orang india itu yg memberikan tawaran straight, ok kamu bisa
tidur di tempat ku untuk sementara waktu, karena saya tahu tinggal di
hotel akan menguras keuangan kamu,

bandingkan dng rekan2 indonesia yg saya kenal juga sama lamanya dng
rekan india saya, mereka tidak berpikir sejauh itu, mengira dng saya
tinggal di hotel berarti saya cukup punya uang, dan tidak perlu bantuan
lebih lanjut.

perlu diakui secara jujur. orang indonesia kurang sensitif terhadap hal
hal spt ini, bantuan biasanya sering tidak begitu tulus, selalu merefer
terhadap pengalaman pribadi,
yg biasanya selalu melihat, kalo saya dulu spt ini, ya orang2 ini juga
harus melewati yg spt ini dulu supaya bisa survive/berhasil/berkualitas
dsb.

ok begitu saja tambahan saya, dan saya di hawaii sini siap kapan saja
kok untuk membantu rekan indonesia yg mo dateng cari kerja dan
menyediakan akomodasi ala kadarnya yg penting ybs setidaknya sementara
waktu punya, contact number, mailing address, dan tentunya tempat untuk
cuci pakaiannya,
tapi info yah, cari kerja di hawaii untuk dunia IT, sama sulitnya cari
jarum di tumpukan jerami, begitu ketemu, pasti bayarannya tidak
sesuai.. hehehehehe

winahyu.