baskara wrote:

> Memakai IP_HDRINCL membuat kita lebih fleksibel dalam membuat header.
> Apalagi kalau membuat protokol baru. :-)
> Dalam kasus saya, ada IP option dan header baru yang saya tambahkan.
> Selain itu, saya juga bisa lebih mudah mengajari mhs2 lain tentang
> cara kerja IP.

satu contoh penggunaan IP options yang infamous adalah "Router Alert"
option : rfc 2113 dimana router harus "closely examined/processed this
packet" (baca: masuk ke cpu untuk further processing) , harus dipakai
di rsvp traffic-engineering message.

sebenarnya kan jadi menarik, karena untuk router yg forwarding planenya
hardware based (asic) jadi harus examine dan lookup tiap2 packet apakah
ada ip router alert bitnya diset apa tidak.kalau harus lookup begini
kan jadi ndak wire-rate performance.

carlos