On 4/11/06, Arif Widianto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> BTW, eBay ama Paypal duluan eBay berdirinya, tapi kultur e-shopping di Amrik
> sudah tumbuh bagus, bahkan sebelum ada payment gateway seperti paypal itu.
> Nah, masalah terakhir adalah kultur e-shopping ini kapan bisa bagus??

Di mana-mana yang namanya berdagang harus ada "trust" dulu. Kalau
sudah ada trust, mau ambil barang ngutang dulu dalam jumlah berapa pun
orang percaya dia akan bayar.
Saya di jepang beli2 barang melalui internet (via credit card atau
transfer melalui bank) tidak pernah minta tanda terima. Pokoknya saya
kirim uangnya, dan saya percaya dia akan mengirimkan barangnya.
Komunikasi tambahan dilakukan melalui email.
Jadi saya percaya dia akan mengirimkan barang, dan dia juga percaya
bahwa saya membelinya dengan menggunakan uang saya, bukan nyolong
(e.g., carder).