Arif Widianto wrote:
> Kalau menurut saya, e-Commerce Indonesia akan maju bila:
> 1. Tersedia payment gateway yang terbuka seperti paypal misalnya, mudah
> dibuat/dipakai/diutilize siapa saja, bahkan patikelir blog semacam kita.
> 2. Siapa yang mau memulai payment gateway di sini? Siapa yang punya bos gih
> ajuin proposal ke bosnya untuk memulai ginian, kerjasama dengan bank seperti
> BCA kan bisa juga. Sebenarnya pay.indo.com sepertinya bagus, sayang hanya
> ekslusif.
> 3. Kalau payment gateway jalan, bisnis apa pun akan jalan.
> 4. Kalau adsens ala Indonesia akan tumbuh.

> [...]

Setuju tentang perlunya payment gateway. Kita di indo.com lumayan
jungkir balik - sampe pake account di Bank of Bermuda baru bisa punya
e-commerce beneran.

Untuk #2: thanks untuk komentar positifnya tentang pay.indo.com.
Maksudnya "eksklusif" bagaimana?

Pay.indo.com itu layanan payment gateway untuk transaksi kartu kredit -
biar bisa buka toko dan bertransaksi e-commerce beneran (bukan
e-commerce ecek-ecek yang kartu kreditnya di-email dulu). Untuk bisa
menerima kartu kredit secara virtual - sama dengan persyaratan untuk
bisa terima kartu kredit secara fisik - harus badan hukum/perusahaan -
gak bisa perorangan. Apa ini maksudnya eksklusif?

Launch awalnya kita di pay.indo.com, kita tawarkan ke hotel-hotel yang
sudah jadi partner kita di indo.com. Kenapa? Resiko bisnisnya jauh
berkurang kalau dealing dengan perusahaan-perusahaan yang sudah kita
kenal - kita tau manajemen, owner, bahkan terus menerus ada hubungan
transaksi/komersial. Mungkin untuk partikelir/perorangan, perlu ada
semacam "credit rating" agencynya di Indonesia? Mungkin dimulai di
teknologia/social network dalam satu mailing list?

Kalau ada yang punya ide untuk ngembangin paypal versi Indonesia, let's
talk... Kita siap dukung...

--Eka Ginting
  indo.com

Kirim email ke