[EMAIL PROTECTED] wrote:

> bukan belain amerika, tapi kalo baca artikelnya justru yg terjadi
> kebalikannya. amerika sudah semakin kuat sehingga makin agresif
> mencaplok apa saja supaya tambah besar. langkah berkeley ini bukan
> dalam konteks nasional amerika, tapi dalam konteks persaingan antara
> berkeley dan stanford, jadi buat mereka ini hanya persaingan lokal!
>
> cina dan india memang hebat sekarang. tapi bukan tanpa masalah. saya
> baru baca laporan gimana bermasalahnya pendidikan di india. india yg
> dulunya memiliki kebudayaan besar di berbagai bidang sekarang hanya
> [...]

Mungkin beda tempat beda pandangan ya mas Roby. Mas Roby di East Coast
pandanganya beda dengan saya yang di West Cost tepatnya silicon valley
( so called pusatnya inovasi).

Dalam statement "amerika masih memiliki kelebihanan dari dunia lain
yaitu inovasi" , yang saya lihat sebenarnya yang amerika punya hanya
sistem , tapi SDM mereka sudah hampir tidak punya lagi. Sudah lama
disini, saya bisa hitung dengan jari berapa jumlah Engineer dari AS.

Inovasi di AS yang terjadi saat ini, dari awal sampai akhir, sebenarnya
majoritas dibikin oleh First Immigrant dari India/China. Ya tentu saja
mereka hitunganya orang amerika sesuai legalitas, tapi karena "roots"
mereka dari India/China, banyak terjadi brain drain dimana mereka
kembali ke negara asalnya dan ini jadi ancaman besar. Begitu pesannya
Lanbergh di artikel tsb. Coba juga baca buku "The Flight Capital",
lebih lengkap statisnya disitu.