On Fri, Jul 21, 2006 at 11:58:23PM +0700, Affan Basalamah wrote:
> kalau blacklist IP terus di-black hole pake BGP itu udah gak gratis ya
> ? MAPS RBL itu ? Aku buka website nya, udah masuk ke TrendMicro. Apa
> gak ada lagi yg sediain ginian ?

yang gratis, setahu saya, tidak ada lagi. 'maps rbl' itu dulunya gratis.
tapi karena effortnya gedhe, jadinya ndak gratis lagi :-)

tapi menurut saya mereject di level network itu kurang bijak. karena begitu
diblacklist, semua jadi 'silent'. idealnya direject di layer aplikasi.
dalam hal ini, di level SMTP, jadi bisa ditunda, sampai fase RCPT TO.
minimal, kita bisa munculkan semua di log, yang sangat memudahkan melacak
sesuatu bila terjadi masalah/dispute dlsb.

tujuannya, supaya orang masih bisa komplen ke postmaster kalau ip-nya
dimasukkan blacklist (jadi ada kesempatan memasukkan ke whitelist juga
per domain atau bahkan per email address).

tapi namanya juga ideal. saya hanya pernah setup yang seperti itu
bisa dihitung dengan jari. biasanya, orang/perusahaan yang peduli
atau bahkan bergantung dengan email, sangat memperhatikan soal ini.
kalau kita reject di router. yo wis, tidak ada jalan untuk bisa
kooperatif sama yang kasih duit (hi..hi..).

Salam,

P.Y. Adi Prasaja