Mas Bayu,

Terima kasih atas dukungan dan pengertiannya. Memang masih banyak pekerjaan
yang harus dilakukan. Astro Oasis memang saluran televisi nasional bagi
keluarga pertama yang bermuatan Islami, tapi tak mungkin melayani seluruh
segmen pemirsa Muslim, karena jumlah dan keragaman yang begitu besar. Di
Bandung kini ada MQTV, yang beroperasi sebagai televisi lokal terestrial dan
gratis. Di Jakarta kabarnya akan beroperasi televisi bermuatan Islami
berbasis satelit tapi juga gratis. Tapi saya yakin masih terbuka lebar
kesempatan untuk 'fastabiqul khairat' dalam bidang penyiaran televisi Islami
di Indonesia, dalam berbagai skalanya: komunitas, lokal, nasional; gratis
atau berbayar; terestrial, satelit atau kabel.

Saya hanya ingin mengingatkan bahwa ini pekerjaan yang harus ditekuni dan
dijalani dengan sabar, terutama karena masih kurangnya sumber daya manusia
yang memadai serta relatif belum dirambahnya ranah ini.

Sebagai contoh, saya butuh paling tidak enam bulan bagi kami untuk
meyakinkan rumah-rumah produksi bahwa program bermuatan Islami bisa dibuat
dengan berbagai variasi format dan pendekatan, bukan hanya ceramah atau
talkshow atau dokumenter. Kini kami punya sekitar 10 rumah produksi yang
menjadi rekanan, dengan spesialisasi masing-masing. Kreatifitas usulan
program mereka menakjubkan. Waktu yang sama saya butuhkan untuk menjelajahi
berbagai pasar internasional, dari Cannes sampai Teheran dan Istanbul, guna
mengidentifikasi program-program yang bermuatan Islami. Alhamdulillah,
sekarang mulai banyak program-program asing yang bagus, termasuk beberapa
yang dibuat BBC, dengan harga bervariasi.

Persoalan lain yang menantang adalah meyakinkan investor, karena tak banyak
investor yang punya pengalaman berbisnis televisi, yang pola bisnisnya
berbeda dengan kebanyakan bisnis lainnya. Jadi benar apa yang dikatakan
Encep pada email sebelumnya bahwa proposal bisnis yang solid akan sangat
membantu (tapi cashflow projection saja belum cukup, kang Encep).

Kalau ada waktu, dengan senang hati saya akan tunjukkan program-program yang
kami miliki atau kami beli lisensinya untuk menunjukkan bagaimana ragam
format program yang ada pada Astro Oasis. Dengan senang hati pula saya
berbagi pengalaman, selama tidak melampaui batas-batas kerahasiaan
perusahaan.

Salam
--
Tomi Satryatomo