ieu aya 'review' laskar pelangi beunang budak rumaja, cing urang toong
kumaha pamanggih budak rumaja ngeunaan ieu filem:

=====
Laskar Pelangi

Satu hari sebelum lebaran, gw bareng gerombolan sodara-sodara gw
nonton Laskar Pelangi di 21 BIP. Rencananya jalannya sih udah dari
sehari sebelumnya, tapi terhalang kendala ga ada yang tau jalanan di
Bandung. Gw taunya ke BIP kalo naek angkot (berkat pengalaman nyasar
dulu), tapi kalo naek mobil sendiri, terus gw disuruh jadi pemandu
jalan, sori aja deh, saran terbaik gw mendingan membuntuti angkot.
(Dan terima kasih banyak buat yang ngasih usul gw disuruh naik angkot
dan kalian pada ngikutin di belakang, lain kali peta raksasa yang dulu
gw beli pas ikut tes ITB itu mungkin beneran harus dibawa -.-)

Film ini diangkat dari novel berjudul sama karangan Andrea Hirata.
Ceritanya tentang masa kecil dia di Belitong, masa SD sampai SMP yang
dia habiskan di Sekolah Muhamadiyyah yang bangunannya udah doyong dan
kalau malam berubah fungsi jadi kandang kambing.

Banyak banget hal yang berbeda dari di novel, tapi kita emang ga bisa
mengharapkan kalau film dan bukunya itu sama, kan. Contohnya aja
adegan dimana Lintang datang ke sekolah di hari pertamanya sendirian.
Terus juga adanya Tora sebagai guru dari SD PN. Juga bagian kematian
Pak Harfan, dan lain-lain. Tapi secara keseluruhan, filmnya berhasil
menggambarkan persahabatan sepuluh anak pinggiran, sebelas tambah satu
anak gedong, yang berusaha buat ngeraih mimpinya masing-masing,
tentang perjuangan guru-guru di sana buat mempertahankan sekolah itu.

Biarpun ada bagian-bagian yang hilang maupun ditambahin di situ, gw
nemu beberapa adegan yang menurut gw bagus. Misalnya hiperbola waktu
Ikal pertama kali ngeliat kuku-kuku A Ling, dan waktu dia tau A Ling
pergi ke Jakarta, satu Belitong sepi, dan semua barang di toko
berjatuhan, dan adegan mirip video klip pas Ikal merana ditinggal A
Ling. Yah, gw ngerasa bagian kisah Ikal dan A Ling kok kayaknya lebih
ditonjolin yah di film ini? Tapi selain itu gw seneng dengan adegan
kilas balik entah siapa sewaktu anak-anak itu lagi belajar nyanyi
rukun iman, gw rasa adegan di situ menyentuh banget.

Sebenernya waktu nonton gw ngerasa ni film alurnya datar, ga ada
klimaksnya, lempeng aja. Mungkin karena gw terbiasa dengan film-film
yang tahap-tahapnya jelas, mana pengenalan, mana penanjakan, mana
klimaks, mana antiklimaks. Tapi mungkin di film ini klimaksnya waktu
Pak Harfan meninggal dunia? Entahlah.

Ada satu hal yang bikin gw bertanya-tanya, kenapa buku "Andai Mereka
Bisa Bicara" itu ga ditampilin? Kok malah kaleng dengan gambar menara
Eiffel? Kesannya jadinya Ikal tuh pengen ke Paris, padahal dia kan
pengennya ke Edensor, keinginan ke Paris baru muncul pas di masa SMA,
waktu gurunya bercerita tentang Universitas Sorbonne di Paris.

Beberapa pemeran anak-anaknya kayaknya masih agak kaku, denger-denger
sih memang dipilih dari anak-anak Belitung asli. Tapi tokoh Ikal
bener-bener polos di situ, matanya itu lho, dan yang paling bikin gw
seneng di film itu justru tokoh Mahar. Ya ampun, itu anak kecil
tampangnya belagu banget! Ha ha ha…

Last thing, no offense, tapi kenapa semua yang terlibat dalam Laskar
Pelangi ini memiliki model rambut yang sama? Mulai dari penulisnya,
sutradaranya, sampai yang menyanyikan soundtrack-nya?
========

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to: