Mbak Mia,

Kalau merujuk qur'an, maka rasul itu disebutkan secara textual
berjenis kelamin laki-laki (rijaalun), paling tidak bila dirujuk dari
qs Yuusuf: 109 "Kami tidak mengutus sebelum kamu, melainkan orang
laki-laki yang kami berikan wahyu kepadanya diantara penduduk negeri.
Maka tidakkah mereka bepergian di muka bumi lalu melihat bagaimana
kesudahan orang-orang sebelum mereka (yang mendustakan rasul) dan
sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang
bertaqwa. Maka tidakkah kamu memikirkannyan (QS. 12:109)

Persoalannya, apa definisi dan kriteria nabi atau rasul yang dapat
disepakati ???. Sebab kalau wahyu yang jadi kriteria utama, maka
tidak hanya manusia yang diberikan wahyu oleh Allah, tetapi hewanpun
seperti lebah juga diberikan wahyu oleh ALlah. Persoalannya siapa
yang boleh mengklaim dirinya atau memberikan pengakuan pada seseorang
untuk jadi Nabi atau Rasul ???

Wassalam
Abdul Mu'iz

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "Mia" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Balqis lupa disebutin yah.
> Aku rasa Balqis adalah 'rasul terakhir' dari Dunia Lama (dunia
> feminis). Make sense saja dengan konsep rasul perempuan di Dunia
> Lama.  Berdasarkan pemahaman sejarah, hermenetik & arkeologi bahwa
> di Dunia Lama di Barat maupun Timur, paradigma feminism itu menjadi
> inti-utama budaya dan konstruk sosial - maka rasul perempuan adalah
> konsekuensi logis dari pemahaman ini. Karena nggak mungkin Tuhan
> mengutus Rasul yang bukan dari golongan yang nggak diterima
> masyarakatnya (maksudnya kesepakatan masyarakat itu sendiri)

> [...]

Would you Help a Child in need?
It is easier than you think.
Click Here to meet a Child you can help.
http://us.click.yahoo.com/sTR6_D/I_qJAA/i1hLAA/aYWolB/TM

WM FOR ACEH
Bantu korban bencana gempa dan tsunami di Aceh dan Sumatra Utara!
Rekening BCA Kantor Cabang Pembantu (KCP) Koperasi Sejati Mulia Pasar Minggu No
Rek. 554 001 4207 an. Herni Sri Nurbayanti.
Harap konfirmasi sebelumnya ke [EMAIL PROTECTED] atau HP 0817 149 129.

Milis Keluarga Islami mailto:[EMAIL PROTECTED]