----------------------- Yahoo! Groups Survey ----------------------~-->
Please help us to improve Yahoo! Groups. Take the survey now!

http://v2.decipherinc.com/survey/yahoo/yah05016

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "ayeye1" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Mungkin Mas Dadang adalah benar kalau berbicara tentang Al Quran.
> Tetapi saya kira ada logika dan akal minimal yang mesti dipakai.
>
> Terlepas dari itu, error dalam logika saya kemarin tunjukan kepada
> penulis artikel dari Eramuslim dan bukan Al Quran.
>
> Sebab dalam artikel itu sang penulis klaim bahwa siapa yang sependapat
> dengannya (hukuman rajam terdapat dalam Al Quran) adalah (sedikit)
> lebih cerdas secara syariah. Tetapi ia juga mengemukakan bahwa akal
> manusia terbatas dan perlu mendapatkan petunjuk langsung dari Allah
> [...]

Sependapat, mas Ayeye. Sebagai orang yg tahu Al Quran, saya tahu benar
tidak ada ayat yg menyebut rajam satu pun di situ. Yang ada hanyalah
hukuman dera.

Kalau menggunakan logika si penulis, bahwa manusia akalnya terbatas dan
perlu mendapatkan petunjuk langsung dari Allah, maka sudah pada
tempatnya ikuti saja itu ayat dera di Quran, bukan RAJAM.

Kalau sampai ada hukuman rajam ikut masuk, maka berarti itu akal
manusia yg sudah digunakan untuk menafsiri berbagai macam hal yg belum
tentu dari Allah.

Sederhana saja kok logika saya. Kalau mengaku mendapat petunjuk
langsung dari Allah, ya ikuti Al Quran, bukan ikuti sumber-sumber lain
yg belum tentu benar matannya (saya bicara matan, bukan sekedar sanad).

Kalau mau pakai tafsir, ya jangan separoh-separoh mengambil kata RAJAM
itu saja. Lihatlah keseluruhan konteksnya. Jika kita baca tulisan pak
Chodjim soal sejarah turunnya ayat itu, maka sudah jelas Allah
menurunkan aturan baru untuk menggantikan rajam.

Salam,
Anita