Aqidah bahasa Arab itu padanannya akidah; apa saja yang berkaitan dengan
keyakinan (iman). Mungkin pada dasarnya lebih umum atau lebih khusus (dari
sudutnya masing-masing) dibanding ideologi dan pada biasanya penulis-penulis
kontemporer meng-Arab-kan langsung istilah ideologi; aidilojia (pake jim
dibaca ghain, sesuai penuturan Mesir). Aqidah mencakup konsep teoritis dan
praktis; yaitu bagaimana seseorang beriman, apa yang ia imani, argumen dan
dalil apa yang ia ajukan, yang secara lebih spesifik dalam Islam disebut
dengan tauhid; beriman kepada Allah, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-Kitab-Nya,
Rasul-Rasul-Nya, Hari Akhir, dan Taqdir baik dan buruk. Termasuk dalam
lingkup akidah juga adalah penjelasan-penjelasan (konseptual) tentang apa
saja Iman kepada Allah, Malaikat-Nya, Rasul-Nya, Kitab-Nya, Taqdir baik dan
buruk, yang kemudian mengkristal dalam bentuk yang kita sebut ilmu tauhid.
Dari ilmu tauhid berkembang lagi berbagai macam pembicaraan dan perdebatan;
Ilmu kalam. Dari perdebatan-perdebatan itu mengkristal menjadi aliran-aliran
aqaidiyah, yang dalam perkembangan selanjutnya secara khusus menjadi bagian
pembahasan al-Milal wa al-Nihal. Nah mungkin aliran ini sedikit banyaknya
sudah bisa kita katakan sangat dekat dengan apa yang kita sebut ideologi.

Sedangkan iman sendiri adalah faith atau kepercayaan yang mendalam dan
dipegang secara kuat. Secara konsep global dalam aqidah islam, setiap aliran
yang ada pada dasarnya sudah mencukupi syarat dasar keimanan. Tapi, secara
partial dan dalam perbincangan dan perdebatan lebih lanjut terdapat
perbedaan tentang konsep dan aktualisasi keimanan masing-masing sesuai
dengan informasi, dalil, dan argumen yang dimiliki oleh masing-masing. Atas
dasar ini, saya berpegang pada prinsip untuk tidak mengafirkan, menyesatkan,
apalagi menghujat dengan cemoohan dan cacian. Dulu ketika ada seorang kawan
serumah yang syiah, saya diskusi, dialog, tukar pandangan, dan berdebat
dengannya pada hal-hal yang memang berbeda dengan keyakinan saya. Namun,
ketika ada kawan yang lain menuduhnya sesat, bahkan lebih dari itu, menuduh
semua pengikut syiah itu sesat, kafir, dan ahlu neraka, saya paling keras
menentangnya dan bahkan marah-marah. Dalam pandangan yang sederhana saja,
katakanlah kita berbeda dengan salah satu aliran (syiah sebagai contoh),
berapa banyak di antara mereka yang ikut syiah itu sendiri tidak mengerti
banyak ideologi mereka sendiri. Dari sudut global mereka sudah mencukupi
syarat dasar keimanan, tapi mereka hidup di Iran misalnya dan kehidupan yang
mereka lalui sehari-hari tidak lebih dari mengajar, jadi wartawan, bertani,
berkebun, sopir dst. Apa layak bagi kita menudingkan tuduhan dan tudingan
seperti itu?! Atas dasar itu juga jelas secara tegas saya menolak tuduhan
mereka yang mengatakan orang-orang Ahmadi itu sesat, bukan Islam, dsb.
Bahkan bukan tidak mungkin, kebanyakan dari orang Ahmadi itu sendiri tidak
mengenal lebih jauh siapa itu Mirza Ghulam Ahmad.

Itu saja dulu sesempatnya,
Wassalam

Aman
http://aman.kinana.or.id