Wah ... wah... mas Ar - Con ini sudah menohok secara langsung .... Jadi saya
tergelitik untuk menjawabnya. Namun lagi-lagi ini berdasarkan pengalaman
pribadi selama menikah lebih dari 25 tahun.
 Kalau bisa dikatakan, saya menikah tanpa konsep apapun juga. Semua mengalir
begitu saja. 5 tahun pertama di lalui di perancis dimana suami meneruskan
kuliah. Di negara ini kami hidup "equal", walaupun saya tidak bekerja,
tetapi seluruh pekerjaan rumah dikerjakan bersama, dari mulai mencuci -
setrika, beres-beres rumah dan berbelanja. Tidak ada yang komplain, semua
berjalan damai.
 Kembali ke Indonesia, suami mulai "berulah", tidak lagi mau melakukan
pekerjaan domestik lagi. Alasannya, sudah ada pembantu. Apalagi didukung
oleh masyarakat (ibu dan ibu mertua) yang tabu melihat suami melakukan
pekerjaan domestik. Lama kelamaan, tentu suami merasa keenakan. Jangan lagi
berharap mau masuk dapur, untuk sekedar membuat kopipun ingin dilayani
istri. Alasannya ... kalau tidak, apa dong gunanya punya istri....??
 Betul seperti yang anda katakan, bahwa sejak awal, kami berdua bekerja.
Mula-mula karena penghasilan yang pas-pasan .... sekarang, alasannya tentu
berbeda lagi. Perempuan bekerja siap untuk berbagi kewajiban, terutama
berbagi biaya rumah. Konsekuensinya, tentunya kewajiban atas pekerjaan
domestikpun (masak - walaupun hanya setiap week end, mengantar anak sekolah
dll) harusnya berbagi juga dengan suami. Nah sayangnya.... para suami yang
kebanyakan tidak siap untuk berbagi pekerjaan domestik. Bahkan para
perempuan juga (ibu + ibu mertua), yang dengan nyinyir mengomentari bila
melihat para lelaki mengerjakan pekerjaan domestik.
 Jadi, apakah saya memilih untuk di rumah sementara suami bekerja? Sampai
saat ini sama sekali tidak terpikir. Karena sampai saat ini kami masih bisa
berbagi "pelayanan". Walaupun suami tidak mau masuk dapur, namun saat makan
malam, dialah yang akan menuangkan minuman (teh hangat yang sudah disediakan
di meja makan) ke gelas saya. Dia juga yang akan pergi menina bobokan
anak-anak kami dengan dongeng-dongengnya. Atau mengajak anaknya ke toko buku
sementara saya kelayapan ke CCF selama 4 jam setiap hari Sabtu.
 Itu sebabnya saya katakan, semua orang berhak memilih dengan tulus dan
ikhlas, mau dirumah atau bekerja, tetapi dengan syarat; ada komitmen yang
jelas dari suami. Walau bagaimanapun juga, suasana , pembagian kerja di
rumah serta peran suami-istri dalam mengelola rumah tangga akan menjadi
contoh bagi anak-anak mereka nantinya. Yang lebih penting lagi adalah
mendidik anak-anak (perempuan maupun lelaki) agar mereka tidak lagi terpaku
pada stereotip pembagian tugas berdasarkan gender dan mereka "kuat" bertahan
pada prinsip yang dianut,
 Kalau ditanya, apakah saya lebih suka dirumah atau tetap bekerja? Di usia
yang tidak muda lagi, saya lebih suka tidak menjadi "pekerja" (bekerja pada
orang lain) lagi, tetapi bekerja berdasarkan kesenangan (punya usaha sendiri
atau volunteer) - "menghabiskan uang suami untuk kegiatan sosial" ...
hehe.... Biarlah suami yang mencari nafkah .... Enak dong begitu ....
Berarti, suami sudah jadi konglomerat (eh.. sorry PNS mana bisa jadi
konglomerat??) .... asal halal kan??
 Tetapi saya tetap pada komitmen, perempuan punya hak untuk bekerja di luar
rumah atau di rumah, kedua pilihan itu baik-baik saja. Pilihan jenis
pekerjaan juga, bukan disandarkan pada "kodrati ala ustadz" tetapi pilihan
hati si perempuan itu sendiri.
 salam

--
Harlina Alwi