Saya lagi mengamati diskusi mbak Ade dan mbak Mia nih. Saya coba
komentari, ya. Semoga kedua pihak membaca tulisan saya sebagai
pengamat.

Pertama, mbak Ade menyatakan soal kebenaran yg baik bagi kita masing-
masing karena cocok dengan aplikasi kita masing-masing (ingat nggak
mbak Ade, kita pernah diskusi tentang ini?). Mbak Ade memahami
perbedaan. Saya sependapat dengan hal ini.

Kedua, mbak Mia mempertanyakan ketidaknyambungan konsep naluri
dengan belenggu konstruk sosial yg ditunjukkan dalam tulisan mbak
Ade. Di sini, saya juga melihat adanya ketidaknyambungan. Mbak Ade
memahami bahwa setiap dari kita punya kecocokan dengan aplikasi kita
masing-masing. Tapi kenapa mbak Ade membiarkan belenggu konstruk
sosial berlangsung? Maksud saya, kenapa kalau saya cocok untuk
melakukan perbuatan X dalam masyarakat ABCDE, maka saya jadi tidak
cocok untuk melakukan perbuatan X itu dalam masyarakat HIJKL? Kalau
semua manusia dalam masyarakat HIJKL seperti mbak Ade yg memahami
perbedaan, tentunya perbuatan X itu tidak boleh dilarang dalam
masyarakat HIJKL, kan? Dan bisa jadi masyarakat ABCDE tidak bisa
menerima perbuatan Y yg dianggap wajar di masyarakat HIJKL.

Saya pikir mbak Ade perlu menunjukkan sikap baiknya itu yg memahami
perbedaan (sangat dewasa deh), untuk ditularkan kepada siapapun di
milis ini ataupun di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari mbak
Ade. Ini yg saya harapkan, mungkin ini juga yang mbak Mia harapkan
dari mbak Ade.

Lalu bagaimana kalau semua orang sudah bisa dewasa seperti mbak Ade?
Ada banyak kemungkinan:
- Ahli agama jadi nggak boleh membatasi istri-istri untuk bekerja di
luar rumah atas nama agama, karena tiap perempuan berbeda-beda.
- Suami perlu memahami potensi istri masing-masing, jangan
membandingkan dengan istri-istri orang lain. Kalau yg maunya jadi
ibu rumah tangga ya jangan dipaksa cari kerja. Yang maunya aktif
berkarir ya jangan dipaksa tinggal di rumah.
- Istri boleh juga punya request untuk membatasi suami yg terlalu
sibuk bekerja di luar rumah sehingga anak-anak terbengkalai
(memangnya kalau anak-anak terbengkalai, yg dianggap bersalah cuma
istri?)
Dan masih banyak lagi kemungkinan yang lain.

Intinya, batasan-batasan yg diciptakan oleh para laki-laki tidak
boleh dijadikan belenggu untuk para perempuan. Karena kalau itu
terjadi, maka berarti para laki-laki itu tidak dewasa seperti mbak
Ade, karena tidak bisa memahami keunikan tiap-tiap perempuan.

Saya rasa mbak Mia ingin mbak Ade mengklarifikasikan hubungan
antara "memahami perbedaan / kecocokan sesuai pengalaman masing-
masing" dengan "adanya pihak-pihak yg berusaha membelenggu pihak
lain sehingga tidak bisa melakukan hal-hal yg cocok untuk dirinya"

Kalau mbak Ade nggak merasa kedua hal itu berhubungan, berarti mbak
Ade begitu memahami perbedaan, sangat-sangat memahami perbedaan,
sampai-sampai kalau ada orang yg tidak memahami perbedaan pun
ditolerir karena tidak semua orang bisa memahami perbedaan. :-)
Sangaaaaat dewasa sekali menurut saya. Tolong paragraf ini dibaca
baik-baik ya :-)

Tapi, menurut saya masyarakat harus dididik supaya dewasa sedikit
dong, jangan dibiarkan terlalu jauh dari tingkat kedewasaan mbak
Ade. Sekali mereka dibuat dewasa dengan memahami perbedaan, maka
akan lebih banyak calon-calon mbak Ade dalam masyarakat kita,
sehingga lebih sedikit orang-orang berselisih hanya karena
perbedaan, dan lebih sedikit juga orang-orang yg nggak rela melihat
ada suatu individu yg "berbeda dari asumsi umum" karena tiap
individu adalah unik.

Semoga tulisan saya bisa dipahami oleh kedua pihak :-)

Salam,
Anita

--- In [EMAIL PROTECTED], "Ade Suerani"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> This is seriuos.
> Saya berharap (ini untuk yang kedua kalinya) semoga kita
(milisters
> WM) bisa SALING MEMAHAMI perbedaan pendapat. Jangan memaksakan
> pikiran saya untuk sepaham dengan siapapun, dan jangan menyalahkan
> pendapat saya. Bagi saya, kita semua yang berpendapat adalah
BENAR.
> [...]
> mengikuti pendapat siapapun, mayoritas sekalipun.
>
> Itu saja, tidak usah masukin ke hati dan jangan terlalu serius.
>
> This is out of topic for all:
> Ada tiga hal saluran kita berargumentasi :
> 1. lidah
> 2. jemari
> 3. hati/otak
>
> Semoga kita bisa menyatukan semuanya, sehingga hasilnya bisa enak
> bagi yang dengar/baca dan kita tergolong kedalam orang-orang yang
> bisa bertanggungjawab di dunia dan di akhirat. Apa yang ada diotak
> kita kendalikan dengan hati, sampaikan dengan lidah atau jemari.

Milis Keluarga Sejahtera mailto:[EMAIL PROTECTED]
Milis Anak Muda Islam mailto:[EMAIL PROTECTED]