Waalaykumus salaam wr wb.,

Tidak ada yang menzalimi Mas Sutiyoso. Penyebutan sampeyan mengkafirkan itu
hanyalah hasil kesimpulan pernyataan sampeyan sendiri. Menurut sampeyan, orang
yang tidak/belum berjilbab diminta segera mencari hidayah untuk berjilbab.
Artinya apa? Artinya, yang tidak/belum berjilbab itu masih belum mendapat
hidayah. Apa namanya bagi orang yang belum mendapat hidayah...? Sumonggo diisi
sendiri.

Lha, kalau sudah bersyahadat dan dianggap sudah muslim, ya sudah.. tidak perlu
lagi diembel-embeli belum mendapat hidayah... Yuuk, kita saling menghargai
pandangan sesama orang yang sudah bersyahadat. Jadi, kalimatnya hendaknya yang
berjilbab monggo, yang tidak berjilbab monggo.. yang penting kita jaga
persaudaraan kita. Kan begitu...

Surga...
Ya, jelas Mas surga itu terdiri dari banyak tingkatan dan kita tidak tahu
jumlahnya. kalau merujuk Hadis, klasifikasinya saja yang disebut tapi sub-nya
tak terhitung. Dan, itu akan diberikan Allah sesuai dengan tingkatan iman dan
amal salehnya. Ini namanya bukan diskriminasi, karena hadiah itu disesuaikan
dengan pencapaiannya. Yang saya sebut diskriminasi itu kok bukan adanya
surga-neraka. Bukan itu! Diskriminasi itu ialah tindakan kita terhadap orang
lain, ada yang menurut kacamata kita, kita akui A dan ada yang kita akui di
bawah A. Itu lho mas yang namanya diskriminasi. Jadi, jangan dicampuradukkan
dengan pahala dan dosa akibat perbuatan.
Bilamana Mas Sutiyoso tidak mendiskriminasi rekan muslimah, maka jangan ada
penilaian miring kepada yang tidak berjilbab. Biarkan rekan muslimah memilih
busananya asalkan pada akhirnya lebih memilih busana takwa (lihat tulisan saya
kemarin yang menyebut ada 3 jenis busana).

Kelompok Islam,
Tidak baik Mas, menonjol-nonjolkan kelompok Islam, nanti kita malah
berbangga-bangga tentang golongan yang justru dilarang dalam Islam (Alquran).
Hadis tentang pembagian Islam menjadi 73 golongan itu daif. Malah Imam Ja'far,
cicit rasulullah mengatakan bahwa ada 73 golongan dalam Islam, semuanya masuk
surga dan hanya satu yang masuk neraka, yaitu yang tidak berpedoman pada
Alquran dan Sunnah (bagi Sunni) atau Itrah (Ahlul bayt bagi Syi'ah).
Bagi yang mempercayai adanya 72 golongan yang masuk neraka itu pun bias dalam
pikirannya, karena golongan yang mengaku berpegang pada Quran dan Sunnah rasul
saja tidak keruan banyaknya, lebih dari seratus. Saya dulu menerima dari mertua
saya golongan-golongan yang masuk neraka yang 72 itu, di antaranya gol A, B,
... Z dari Khawarij, A, B,....Z dari Syiah, A,B...Z dari Mu'tazilah. Lho, apa
nggak rancu?

Sekali lagi Mas Sutiyoso, penyimpulan saya "kafir" untuk "yang belum/tidak
mendapat hidayah" apa ya salah? Ya.. kalau dianggap salah ya ku nyuwun gunging
pangapunten.

SUMBANGAN
Lho, saya tidak pernah tidak setuju kepada yang mau menyumbangkan jilbab bagi
yang membutuhkan. Untuk hal-hal yang dipandang baik, seperti memberi kepada
yang membutuhkan, pasti saya setujuuu banget. Yang saya tidak setuju itu ialah
memberi nilai minor bagi saudara-saudara muslimah kita yang tidak berjilbab.

Semoga apa yang saya sampaikan jelas, dan tidak timbul salah mengerti.

Wassalam,
chodjim