Kenyataaannya :

1. saya ada teman baik di kampus maupun di BPK, dua duanya cerita ke saya,
kadang univ harus manuver dananya untuk berbagai kegiatan yang alokasi
dananya suka gak ada, jadi model subsidi silang, tapi karena peraturan yang
ribet, hal seperti ini pasti jadi item bermasalah dalam laporan BPK.  rata
rata univ negeri pasti masuk dalam list BPK sebagai institusi bermasalah
dengan jumlah penyimpangan bermilyar milyar.  mau gimana lagi, peraturannya
gitu, sementara pada saat yang sama, universitas harus pandai pandai ngatur
dana operasional.

2. saya punya teman di pajak, bagian frint office yg terima form form
pembayaran.  keluahan dia banyak perwakilan dari perusahaan yang ketika
ingin bayar pajak, pengen cepat lancar dan cepat selesai dengn cara kasih
duit ama pegawai, sebagai orang jujur dia tidak terima direndahkan seperti
itu, uang dikembalikan, dan orang itu disuruh menyelesaikan pembayaran
sesuai prosedur.  [ pada saat yang sama kita juga tahu semua antrean di
kantor peerintah terjadi karena sistem administrasi yg tidak efisien dan
terlalu anyak meja dan form tidak jelasnya.  Bagi si pegawai, gak mungkin
level dia mengubah semua jadi satu atau dua meja saja, dia terpaksa harus
tunuk pada peraturan].

Menurut anda bagaimana dengan dua contoh di atas ?

salam,
Ari Condro