Benar, HT lebih mudah bekerjasama dengan IM. Namun saya lihat itu sih
temporer aja, apalagi memang strategi HT rata-rata seperti itu. Barangkali
kalau umpamanya IM berkuasa, bisa-bisa HT yang paling depan sebagai oposisi
nantinya hehehe. Namun dalam dunia modern dan kehidupan manusia yang komplek
sih semuanya jadi serba kemungkinan aja, bisa-bisa juga tuntuan khilafah
berubah menjadi tuntuan balas jasa aka kontrak politik dan ujungnya nagih
kursi, ya ngga?

IM ikut pemilu di Mesir dan memang menang besar. Maksudnya sih kaya PKS di
pemilu kemarin. Di sini tidak serentak di semua kota, tapi dibagi-bagi dalam
beberapa wilayah. Lagi pas pencoblosan untuk Cairo dan sekitarnya kemarin,
tempat saya termasuk rame. Sampai tiga hari berturut-turut terjadi demo.
Hari pertama cewek-cewek IM nampaknya, berjejer rapi di taman sepanjang
jalan Rab'ah (Nasr Road) dan sebagian di trotoar jalan berorasi. Hari kedua
bagian cowoknya yang demo, longmarch sampai beberapa jam jalan kaki
bolak-balik. Hari ketiga saya tidak tahu kelompok mana yang demo.

Kadang-kadang lucu juga neh di sini, saat hari pencoblosan aja masih rame
kampanye manggil orang-orang lewat pengeras suara, minta coblos calon
tertentu. Saya memang kurang paham sistem pemilu di Mesir. Kayaknya langsung
nyoblos calon deh. Soalnya dimana-mana tuh spandoknya berjejer
mengampanyekan sosok calon, diterangkan berikut nomor dan perwakilan dari
partai mana. Bahkan ada juga calon yang independen.

Wassalam

Aman