Apa anda tau hari ibu itu memperingati apa..?

Hari ibu itu memperingati penyelenggaraan Kongres pertama kaum feminis
Indonesia
(Kongres Wanita Indonesia ke I) yang dipelopori oleh Nyai Ahmad Dahlan dan
organisasi sayap perempuan Muhammadiyah yaitu Aisyiyah.Beberapa rekomendasi
kongres ini yang sampai sekarang dinikmati kaum perempuan yaitu hak politik
dan
hak memperoleh pendidikan .

Jadi pelopor konsep feminisme itu justru berasal dari organisasi Islam
seperti
kita tau Muhammadiyah lah yang mempelopori pendidikan massal bagi anak
perempuan setara dengan anak laki-laki dengan mendobrak wacana segregasi
sosial yang berkembang dimasa itu.Murid-murid sekolah tinggi Belanda yang
cuma menerima bule aja waktu itu melarang murid perempuan ikut bersekolah.

Kalau dihubungkan dengan isu jender yang diperjuangkan aktivis perempuan
sekarang, isu-isu itu memang fokus pada hak-hak individual perempuan tapi
juga berpengaruh pada masalah komunal.Contoh KDRT, pandangan umum
masyarakat memandang anak dan istri itu sebagai hak milik suami/ortunya jadi
apapun yang dilakukannya terhadap istri dan anaknya maka masyarakat tidak
boleh ikut campur kecuali kalau berakibat fatal seperti kasus Arie Hanggara.

Dan ini jadi fokus perhatian kalangan feminis Indonesia untuk menggolkan
UU KDRT kemaren yaitu untuk menolak wacana 'hak milik' ini menjadi
hak asasi individu yang merdeka.Sehingga siapapun tidak boleh dan tidak
bisa melakukan tindakan kekerasan dalam bentuk apapun pada siapapun
yang berada dalam lingkungan intern keluarganya.Jadi kasus KDRT yang
sebelumnya dianggap kasus intern menjadi kasus publik.

Dan yang jadi fokus perhatian kalangan aktivis perempuan adalah masalah
masalah ini jadi bukan mempromosikan majalah Playboy atau free sex seperti
isu yang dibuat kaum harokah.

Beberapa masalah lain yang jadi perhatian politisi perempuan dan aktivis
perempuan seperti pengesahan UU Perlindungan Anak (yang juga ditentang
aktivis islam).Dalam UU itu diadopsi paham statutory rape yaitu
mengklasifikasikan
anak perempuan dibawah umur yang melakukan sex dengan orang dewasa
sebagai korban (perkosaan) walaupun dilakukan suka sama suka.

UU lain yang masih dalam bentuk RUU dan masih diperjuangkan antara
lain tentang Perdagangan/Perbudakan Manusia yang menyoroti hukum
masalah traffiking , isu RUU pornografi sudah saya bawa kemarin , lalu
masalah aborsi dll.Jadi isu-isu kaum feminis di Indonesia itu bukan isu
"burning bra" tapi lebih banyak menyoroti isu-isu yang menyangkut masalah
anak , perempuan dan keluarga dimana perempuan banyak berperan
di dalamnya.Isu politik paling mengenai jatah 30 % itu dan itu sendiri
merupakan perwujudan dari Konvensi Internasional PBB tentang
Perempuan (CEDAW) yang sudah dirativikasi Indonesia beberapa tahun
lalu.

Jadi apa masalahnya dengan isu kaum feminis di Indonesia..?