From: "Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <wanita-muslimah@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, November 30, 2005 8:03 AM
Subject: Re: [wanita-muslimah] Re: Salazar

(deleted)
> Pan dalam diskusi kita, ttg hal ini sudah ada anggota milis yg mewanti
> wanti. Kata pak Dana budaya arab itu gersang - ini adalah makna ekspresif
> dari maskulinitas budaya arab.  Dan banyak sisi arab dalam keislaman
> seringkali dimaknai oleh wacana ini.  Penolakan dan ekspresi egaliter
dalam
> masyarakat jawa yg fit dengan keislaman, bahkan sudah diterbitkan
> pencerahannya oleh pak sabri dengan kisah emes memes belio.  masalah ini
> juga seringkali disinggung [ meski dalam konteks yg disalahpahami dan
> [...]

Urusan disalahpahami ini yang saya kira penting untuk dibahas.
Ideanya saya kira sebetulnya semua sepakat. Tapi ketika masuk ke detail,
pada akhirnya semua pihak memiliki resistensi dalam mencoba memahami suatu
wacana. Dan ini memang banyak bergantung pada sejarahnya juga.

Misalkan soal "jilbab", secara esensial membahas dalam kaitan memisahkan
mana yang Arab mana yang Islam sebetulnya tidak terlalu menjadi masalah.
Tapi karena sejarahnya dulu di Indonesia terkait bahkan identik dengan
simbol "good guy" dalam:
- perang ideologi nasionalis-agama vs komunis (jaman orde lama)
- perlawanan terhadap pemasungan HAM (jaman orde baru yang anti jilbab)
- gerakan pencerahan thd. kehidupan bermasyarakat yang stagnan (tahun 90-an
di kampus2)
maka siapa yang mendominasi wacana ini akan mudah memperoleh predikat "the
good guy" sebagai lawan dari "setan dll".

Saya kira ada sebagian masyarakat memang terjebak dalam dikotomi ini.
Yang mendukung "jilbab" merasa jadi lawan dari yang tidak mendukung "jilbab"
dan ini sendiri sebetulnya seperti panci ketemu tutup dengan munculnya
ekstrim di sisi lain, yaitu ada golongan yang tidak mendukung jilbab DAN
merasa sebagai lawan dari yang mendukung jilbab, dengan berbagai alasan.
Lawan di sini lebih ka arah MUSUH. Ketika RASA ini (istilah saya ideologi
perang) nggak bisa dihilangkan, yang muncul tentu saja perang. Padahal
sebagian besar masyarakat sebetulnya nggak terjebak dalam dikotomi ini dan
itu terlihat di kehidupan tradisional masyarakat sehari-hari.

Solusinya IMHO mungkin sebetulnya bagaimana (1) tidak terlibat dan
ikut-ikutan ber-ideologi perang; (2) membuat jembatan antara orang-orang
yang merasa dalam keadaan perang dan membuktikan bahwa perang yang "itu" itu
hanya halusinasi belaka.

Salam
Ary

        Women   Islam   Women in islam     Women in islam