Ada koreksi sedikit, Mas Muiz. Banyak juga nggak apa-apa, ya... :)

Pada era pemilihan Abu Bakar, bukan aklamasi yang terjadi tapi penyingkiran
kader-kader Madinah. Makanya, pada kepemimpinan Abubakar, orang-orang asli
penduduk Madinah (anshar) tidak diberi tempat sama sekali. Sehingga lenyaplah
peluang menjadi pemimpin dari Khulafa al-rasyidun hingga Turki Utsmani bagi
orang Madinah.

Peluncuran Hadis "pemimpin itu dari Quraisy" sebenarnya melibas kesempatan kaum
anshar untuk menjadi pemimpin di dunia Islam. Padahal, kita tahu Bilal pun
masih bisa menjadi gubernur. Namun, tidak demikian dengan nasibnya tokoh-tokoh
anshar dari Madinah. Tak ada tempat bagi mereka.

Sudah menjadi budaya Arab bahwa suatu suku yang dipandang bermartabat tinggi
harus menjadi elitnya negara. Makanya, dulu Ka'bah diperebutkan. Siapa yang
bisa menguasai Ka'bah ya merekalah yang menjadi adidayanya. Nah, nyatanya yang
menguasai wilayah Ka'bah itu suku Quraisy, ya Quraisylah yang menjadi
pemimpinnya... :)

Nabi Muhammad yang nJawani itu, yang mengatakan tak ada kelebihan bangsa Arab
atas bangsa asing --dalam hal ini-- tidak digubris ketika Nabi wafat. Jenazah
Nabi ditelantarkan dan tidak dikuburkan hingga 3 hari, karena adanya perebutan
kekuasaan.

Wassalam,
chodjim