Ada orang-orang yang tidak bisa memisahkan perilaku individu atau kelompok
dengan agamanya.Dan di kalangan muslim pun banyak yang berpandangan
seperti Noteo itu terhadap kaum non muslim, misal orang-orang harokah
memandang kalo orang kristen dan yahudi itu bejad semua.

Jadi pola pikir Noteo dengan harokah itu sama aja yaitu mengadopsi pikiran
orang gila macam Hitler dengan cara memberikan stigma buruk pada kaum
lain sehingga orang-orang dari komunitas/agama tertentu seakan-akan tidak
melakukan apapun kecuali keburukan.

Memang orang yang ta'at beragama belum tentu orang yang baik.Papa Doc
dari Haiti rajin ke gereja , tapi dia memerintahkan menyayat kulit
penentangnya
hidup-hidup lalu mengumpankannya ke ikan hiu.

Pernah liat film-film mafia Italy nggak misal Godfather atau The Last Don
mereka itu juga adalah orang-orang yang ta'at beragama tapi menembak
dan membunuh orang seperti menjagal hewan saja.

Para teroris itu orang yang ta'at ibadahnya tapi mereka melegalkan tindak
pembunuhan keji.

Tapi yang bermasalah sebenarnya bukan agamanya tapi individu/kelompok
itu dalam melihat agamanya sendiri.Kebanyakan orang ekstrim memang
ta'at beragama tapi mereka tidak baik terhadap sesama manusa.Ini karena
pandangan mereka bahwa agama itu untuk Tuhan jadi mereka pada dasarnya
sekuler walaupun teriak-teriak anti sekulerisme, jadi mereka tidak
mempedulikan
perilaku mereka pada ummat manusia.Jadilah orang pergi ke haji pada uang
korupsi, berpoligami dengan dalih mengikuti sunnah padahal cuma mengikuti
hawa nafsu syahwat pada perempuan dll.

Untuk membumikan nilai-nilai agama dengan baik kita harusnya bukan
berpikir vertikal tapi horizontal.Agama itu diturunkan Tuhan untuk manusia,
untuk kebaikan manusia, jadi apa-apa yang baik untuk diri manusia sudah
pasti adalah hukum Tuhan, kaidah ushul fiqh juga kan mengatakan hal seperti
ini dimana ada kemashlahatan bagi manusia disana ada hukum Allah dan
dimana ada kemudharatan bagi manusia maka mudharat pula dalam pandangan
agama.

Orang yang terlalu fokus ke 'atas' akhirnya tidak menginjak bumi dan
timbullah
perilaku yang meremehkan dan merendahkan sesama manusia dan kemanusiaan
atas nama Allah .Sementara bila memandang agama itu untuk kemashalahatan
manusia maka sisi kemashlahatan ini yang dicari dan dikaji dimana kita akan
menemukan hukum Allah yang hakiki.