  From: Dana Pamilih
  To: wanita-muslimah@yahoogroups.com
  Sent: Saturday, December 03, 2005 4:56 PM
  Subject: [wanita-muslimah] Re: Undangan Peluncuran dan Diskusi Buku "Menjadi
Muslim Liberal"

  Hukum adalah salah satu alat menegakkan akhlak.  Suatu norma akhlak
  kalau tidak konsisten ditegakkan oleh hukum sama saja dengan tong
  kosong.

  Jaman Ibnu Khaldun penegakkan hukum itu sangat konsisten.  Tapi koq
  jaman sekarang begini ya?

  --- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]>
  wrote:

  > Pak Dana,
  > Terkadang di kehidupan nyata, pengertian :
  > Agama [ masalah akhlak-perilaku] tidak bisa =  masalah pelanggaran
  hukum [negara]
  > Bayangkan saja seorang menteri agama yg mengerti, hafal Qur'an,
  bisa berbahasa Arab, lulusan pesantren
  > masih menganggap mempergunakan DAU untuk kepentingan pribadi tidak
  merasa telah korupsi?

  > Afaik,
  > Mahasiswa/BEM UGM merencanakan mengadakan mata kuliah lepas :
  gerakan anti korupsi.
  > Padahal [ilmu] anti korupsi kan bukan masalah seperti ilmu hukum
  [salah/benar], peraturan, knowledge yg bisa dipelajari.
  > Korupsi itu masalah dengan akhlak, habit yg berangkat dari hati,
  dimantapkan di sebuah rumah yg namanya pendidikan
  > agama/budi pekerti/akhlak mengenal Allah Yg Maha Pengasih dan Maha
  Penyayang

  > Imho,
  > Jadi jika orang yg ngaku beragama tapi korupsi, manipulasi,
  kriminal, bikin susah/menderita pihak lain, pemahaman
  > agamanya ditarok dimana? Artinya sengaja atau tidak sengaja agama-
  Allah mulai dilecehkan oleh dirinya sendiri.
  > Lantas kalo sudah begini kok merasa yg paling benar, inosen, merasa
  tidak bersalah?

  > salam
  > l.meilany

  Buku "Menjadi Muslim Liberal"

> [...]
  di
  >   beri petunjuk dan hidayah oleh Alloh, di pelihara dari
  kebimbangan
  >   dan keburukan dunia ini. begitupun saudara2 kita yg "tersesat"
  semoga
  >   mereka menemukan jalan kebenaran sesuai petunjuk Alloh. Amin)
  >   >
  >   >
  >   >
  >   > >>>>>
  >   >
  >   > Islam fundies pada dasarnya LEBIH LIBERAL daripada ISLAM
  LIBERAL.
  >   > Kalangan islam Liberal seperti JIL hanya menafsirkan dalil
  secara
  >   > liberal
  >   > akan tetapi mereka masih berada dalam jalur  tata cara
  penafsiran
  >   yang
  >   > konservativ. Sementara Islam fundies dengan wacana
  konservatifnya,
> [...]
  >   > bila PKS , FPI , HTI dll semakin kuat.FPI agak kuat sedikit aja
  >   > langsung
  >   > Ahmadiyah diserang , rumah-rumah mereka dibakari dll.Bila
  mereka
  >   lebih
  >   > kuat lagi NU dan Muhammadiyah juga bisa jadi diserang
  mereka.Liat
  >   buku
  >   > buku yang ditulis mereka tentang kedua ormas Islam ini, isinya
  hanya
  >   > dipenuhi
  >   > prasangka kotor dan kebencian seakan-akan kedua ormas islam ini
  Buku
> [...]
  >   arab) ...
  >   > demi
  >   > > Allah.
  >   > >
  >   > > jadi saya mohon maaf karena nampaknya saya jadi menyinggung
  mba
  >   ni
  >   > ....
  >   > >
  >   > > saya coba dengan singkat buat 'rekonsiliasi' deh dengan mba
  >   aisha ...
  >   > >
  >   > > 1. ulil mungkin tidak jadi pikiran dan memusingkan mba ....
  atau
> [...]
  >   > > 2. apa yang mba tuangkan di sebagian besar paragraf tulisan
  mba,
  >   > adalah
  >   > apa
  >   > > yang dialami semua komunitas, regardless AGAMA mereka. kalo
  mau
  >   lihat
  >   > hal
  >   > > yang sama tapi pelakunya KRISTEN KATOLIK, silakan ke EROPA
  dan
  >   > AMERIKA
  >   > LATIN
  >   > > (cmiiw), kalo pelakunya PROTESTAN, USA, kalo HINDU,
  INDIA, ...
> [...]
  ambil
  >   > pusing
  >   > kan?
  >   > > jadi ya just ignore me dan my concern deh ya. dan memang
  >   saya ...juga
  >   > teman2
  >   > > yang sepintas tampak SANGAR, BIADAB, KEJI, BARBAR, KANIBAL,
  >   karena
  >   > dari
  >   > > mulut mereka itu keluar 'darah' ini halal itu halal, tidak
  bisa
  >   > mentolerir
  >   > > sikap mereka yang sebenarnya sama SANGAR, BIADAB, KEJI,
  BARBAR,
> [...]
  >   > kemampuan
  >   > > yang ada jadi terdakwa!
  >   > >
  >   > > 3. masalah haus darah itu gak ada hubungan dengan islam mba!
  >   setiap
  >   > manusia
  >   > > yang sudah jadi mengsa iblis ya pasti akan begitu ... percaya
  >   deh.
  >   > dan
  >   > > memang ini lah dunia yang ALLAH amanahkan pada kita. tak
  mungkin
  >   kita
  >   > > meminta mereka itu tidak brutal meski mereka
  pelajar/mahasiswa
> [...]
  >   > >
  >   > > maaf lahir batin.
  >   > >
  >   >
  >   >
  >   >
  >   > Yahoo! Shopping
  >   >  Find Great Deals on Gifts at Yahoo! Shopping
  >   >
  >   > [Non-text portions of this message have been removed]
  >   >

  >   Milis Wanita Muslimah
  >   Membangun citra wanita muslimah dalam diri, keluarga, maupun
  muslimah/messages