Saya sengaja menyimpan keterangan tentang kisah ini.  Monggo disimak di
bawah ini.

salam,
Ari Condro

--- In [EMAIL PROTECTED], [EMAIL PROTECTED] wrote:

Maaf Pak, agar tidak bias mengenai pelarangan Rasulullah SAW ini,
saya kutipkan hadist Rasulullah SAW, berikut ini secara lengkap dr
buku yg sama, jadi kita bisa tahu asbabul wurud keluarnya hadist tsb,
dimana hadist berikut dgn jelas menerangkan bahwa Rasulullah
 tidak rela kalau putrinya disederajatkan dengan putri Abu Lahab,
musuh Allah, dan Ali pun tidak berkeberatan untuk membatalkan
niatnya:

===

Suatu ketika saya membaca hadits tentang keutamaan Fatimah (AS) di
kitab Shohih Bukhori, kemudian saya temukan riwayat Rasul SAWW yang
berbunyi "Fatimah adalah belahan jiwaku, siapa saja yang telah
membuat ia marah, maka orang tersebut telah membuat aku marah".

Namun anehnya adalah pada cerita yang digandengkan dengan riwayat
tersebut, yaitu hadits tersebut seolah-olah diucapkan oleh Rasul
setelah Rasul SAWW kecewa dan marah kepada Imam Ali (AS) karena Ali
ingin mengawini puteri Abu Jahal, pada riwayat lain wanita tersebut
adalah puteri Bani Hisyam bin Mughiroh. Dan cerita tentang Ali (AS)
ini ditakhrij juga oleh Muslim dalam Shohih-nya, dan juga Syekh
Manshur dalam "At-Taj" yang menukil dari Bukhori dan Muslim. Juga
ditakhrij oleh Thabrani dalam "Al-Kabir", namun dengan hadits
keutamaan Fatimah (AS) yang lain : "Fatimah belahan jiwaku, siapa
saja yang mendustainya, berarti mendustaiku, siapa saja yang
menyakitinya, berarti menyakitiku"

Cerita tentang Imam Ali (AS) tersebut ber-sanad pada satu orang,
yaitu Miswar bin Makhromah.

Jelas sekali cerita tentang Imam Ali (AS) tersebut adalah palsu dan
sengaja digandengkan dengan ucapan Rasul SAWW atas keutamaan Fatimah
(AS), alasannya :

1. Pada riwayat Ibn Abi Syaibah, cerita tentang Imam Ali (AS)
tersebut tidak dijumpai. Ia hanya meriwayatkan hadits Rasul
SAWW : "Fatimah adalah belahan jiwaku, siapa saja yang telah membuat
ia marah, maka orang tersebut telah membuat aku marah". Dan riwayat
Ibn Abi Syaibah ini juga ditakhrij oleh Ibn Taimiyyah.

Ref. ahlusunnah :
Ibn Taimiyyah, dalam "Fadhlu Ahlul Bait Wa Huququhum", hal. 134.

2. Dalam [Q.S. Al-Ahzab 33], dengan tegas Allah SWT menetapkan
kema'suman Ahlul Bait Rasul (AS). Ali dan Fatimah termasuk dalam
Ahlul Bait Rasul (AS). Sehingga Ali dan Fatimah (AS) adalah ma'sum.
Apakah mungkin, seorang yang ma'sum seperti Imam Ali (AS) akan
menyakiti Rasul SAWW dan Fatimah (AS) ? Jelas pasti TIDAK MUNGKIN.

3. Para ahli tarikh sepakat bahwa Miswar bin Makhromah masih berumur
enam atau tujuh tahun ketika cerita tentang Imam Ali (AS) tersebut
muncul, sehingga mustahil ia bisa merawikan hadits Rasul SAWW. Dalam
ilmu hadits dikenal sebuah kaidah yang menyatakan bahwa bila ternyata
perawinya diketahui masih kecil, maka haditsnya bersifat Dlo'if
Mursal Shohabi, sehingga hadits tersebut Mardud (tidak bisa
diterima).

Ref. Ahlusunnah :
Ibn Hajar Al-Asqolani, "Tahdzib At-Tahdzib", jilid 10, hal. 137-138.

Sehingga dengan ketiga alasan tersebut di atas saja, sudah dapat
disimpulkan bahwa cerita tentang Imam Ali (AS) tersebut sengaja
diciptakan dan disisipkan pada hadits Rasul SAWW tentang keutamaan
Fatimah (AS), dengan tujuan untuk menjelekkan dan menjatuhkan Imam
Ali (AS).

Dan kenyataannya, memang cerita palsu tersebut adalah buatan Samroh
bin Jundub atas perintah Mu'awiyyah. Hal ini dinyatakan juga oleh Ibn
Abil Hadid dalam kitabnya yang berjudul "Syarh Nahjul Balaghah", yang
mengutip perkataan gurunya, Abu Ja'far Al-Iskafi.

Ref. ahlusunnah :
Habib Al-Hamid Al-Husaini, dalam "Imamul Muhtadin", hal. 151-152.

Wassalaam,
Muh. Anis