Mbak Mei,

Diskusi soal strategi mungkin relevan. Gimana membuat kesetaraan bukan
suatu ilusi :-) Strategi/pendekatan pertama dinamakan WID (woman in
development). Intinya: partisipasi perempuan. Beri jalan buat
perempuan. Pemberdayaan perempuan. Ini yg dilakukan oleh bang Yos
ketika dia bicara soal pendidikan istri dan anak2nya. Tapi pendekatan
ini lupa satu hal: relasi kekuasaan! Memberdayakan dan memasukkan
perempuan ke dalam sistem yg..timpang :-) Dalam lapangan ekonomi, ini
jelas keliatan. Maunya sih perempuan2 ini jadi berdaya secara ekonomi,
tapi yg terjadi adalah feminisasi perempuan dan kesetaraan lagi2
tinggal ilusi. Sistem ini memang membuat perempuan menjadi berdaya,
tapi tidak mengubah relasi kekuasaan dan hierarki. Makanya mengupas
asumsi, perspektif thd perempuan menjadi sangat penting.. krn ini yg
menciptakan relasi kekuasaan dan hierarki nya. Forget the tiny witty
gritty ttg cerita yg sangat detail soal pendidikan perempuan yg telah
dilakukan, kecuali kalo itu memang berdampak pada relasi kekuasaan dan
hierarki :-) Tapi bukan berarti pendekatan WID ini tidak baik. Mereka
punya jasanya dng menghilangkan hambatan struktural terutama di bidang
hukum.

Sementara pendekatan yg mencoba membidik dan membongkar relasi
kekuasaan dan hierarki adalah GAD (gender and discrimination). Ini yg
menempatkan persoalan perempuan bukan sekedar bicara soal pemberdayaan
perempuan tapi bagaimana melihat relasi kekuasaan serta hierarki dlm
masyarakat. Sehingga kalau mau dikaitkan dng contoh yg dikemukan dlm
diskusi ini, "pemberdayaan dlm bentuk pendidikan" dlm kerangka
pendekatan GAD tidak diartikan sbg pendidikan utk anak2 perempuan dan
istrinya bang yos saja, tapi juga utk..bang yos sendiri :-) Yg
'dididik' itu istri, anak dan juga suami :-)) Bicara gender, bukan
cuma bicara soal perempuan saja tanpa melibatkan diskusi soal laki2
:). Bicara soal konsep feminitas, tidak lepas dari konsep
maskulinitas. Karena kita semua menjadi bagian dari sistem yg timpang
ini. Dalam konteks inilah, kesetaraan bukan ilusi :-)

Tapi, pembahasan yg sangaaat dasaaar sekali juga jadi penting. Asumsi
dan perspektif jadi penting, termasuk apakah kita sepakat sistem yg
sekarang timpang atau tidak? :-)

wassalam,
herni

--- In wanita-muslimah@yahoogroups.com, "L.Meilany" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Saya dah komentari, pak.  Kesan yg bisa saya tangkap Pak Sutiyoso ndak
boleh perempuan itu maju. Megang komputer, hp aja ndak boleh, takut
kena radiasilah bla...bla...bla...

Ini ada cuplikan artikel dari perusahaan minyak yg kiranya bisa
mencerahkan pandangan bapak.

"Mendidik perempuan & anak perempuan , investasi pada sebuah generasi"

Penelitian internasional menunjukkan memberikan akses pendidikan
kepada perempuan dan anak perempuan
> dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan dengan
berbagai bentuk investasi sosial lainnya
> di negara-negara berkembang.
> Membuka kesempatan pendidikan dapat memberikan dampak yang luar
biasa dan berkesinambungan tidak
> hanya kepada kaum perempuan dan anak perempuan tetapi juga keluarga
serta masyarakat di sekitar mereka.

www.exxonmobil.com/community.

> salam
> l.meilany

berkecipung dalam dunia komputer, dia datang ketempat klinik saya,
dari hasil laboratorium yang dia bawa menunjukkan bahwa dia ken
"prostat",  saya tidak mau memvonis bahwa dia kena prostat karena
radiasi yang dipancarkan oleh monitor computer atau oleh hand
phonenya, tapi kenyataannya electromagnetic emissions atau
electromagetic radiation yang ada pada hp, microwave, monitor harus
diwaspadai

>     Mungkin saja ada beberapa ilmuwan yang mengatakan radiation
emissions itu bisa menyebabkan kanker sedangkan ilmuwan yang lain
mungkin mengatakan radiasi itu tidak berbahaya, sedangkan saya
mengambil jalan tengah, sejauh yang saya tahu yang namanya radiasi itu
adalah radikal bebas, termasuk polusi udara, asap rokok, makanan
minuman yang mengandung bahan pengawet/pewarna//penyedap kimia.
Orang-orang kesehatan sepakat bahwa radikal bebas itulah penyebab
timbulnya penyakit kanker ( radikal bebas menyebabkan electron
kehilangan pasangannya, menimbulkan radiation, menghantam cell,
senyawa,enzim---timbul kanker ).

>     Saya tidak tahu kenapa pasien kanker saya 95% adalah kaum hawa
atau wanita, apakah karena kaum wanita sering melihat TV atau karena
struktur fisiknya yang sangat sensitif terhadap pengaruh dari luar
dirinya yang berujud radikal bebas yang bergentayangan dilingkungan
kita dengan bebasnya.

> [...]
>   Dia terkadang sebal, suaminya stiap malam senyam-senyum di hadapan
komputer.
>   Tapi mau protes, segan :-(
>
>   Teman saya  kan dulunya punya banyak teman milis sekolah,
pengajian, di milis mualaf.
>   Saya bilang, e-mail saja di warnet, sesekali.
>   Dia bilang, kalo suami bilang gak boleh ya artinya gak boleh,
dimanapun juga.
>   Mau di rumah sayapun juga ndak boleh. :-(
>
>   Sebagai akibat nggak boleh e-mail, internet, dia sering mendatangi
pengajian2.
>   Jadi panitia mendatangkan-menghubungi ustadzah-ustadz, bisa
ditanya tarif2 semua ustadz, itu berapa?
>   Hampir setiap hari, bisa 2 atau 3 acara pengajian di datangi.
>   Sebenernya kan sama saja seperti pergi kerja : kekantor?
>
>   Saya tanya ; lha kalo gitu sama saja dong gak boleh kerja tapi
stiap hari keluar rumah, bahkan sabtu juga
>   untuk ikuti acara pengajian/ceramah/tausyiah, kan malahan ngabisin
duit suami buat beli bensin dll.
>   Apa nggak lebih bagus mengunjungi milis, di rumah nggak capek,
bisa liat keadaan anak2.
>   Dia bilang, kalo pergi ke pengajian dan sejenisnya suami
mengizinkan, supaya dia mendapat pencerahan.
>   Mungkin suaminya juga akan ambil istri baru, maksudnya supaya
teman saya bisa menerima keadaan ini,
>   melalui pencerahan2 yg ia dapatkan di pengajian.
>   :-(
>
>   Salam
>   l.meilany

Service.